Ini 7 Resep Olahan Kurma agar Menu Berbuka Kamu Lebih Beragam

Bandung - TemanBaik, menu makanan berbuka puasa biasanya beragam. Tetapi ada satu makanan yang biasanya hadir di setiap momen berbuka puasa, makanan itu adalah kurma. Kurma sendiri biasanya dimakan langsung, atau bisa jadi diolah lagi sehingga lebih beragam dan lebih nikmat disantap.

Jenis-jenis olahan kurma banyak dan cukup beragam. Dilansir dari laman Have Halal Will Travel, ada 7 rekomendasi resep olahan kurma sederhana yang enak dan bisa menemani TemanBaik berbuka puasa.

Apa saja resepmya, dan bagaimana ya cara membuatnya? Yuk kita simak, TemanBaik!

Smoothies Kurma
Olahan kurma ini berbentuk minuman, karena ditambah dengan susu. Minuman ini cocok untuk berbuka puasa sebagai pelepas dahaga, atau untuk sahur agar dapat menjaga tenaga untuk berpuasa seharian.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk olahan ini adalah 225 ml susu UHT atau susu kedelai, 12 buah kurma yang dibuang bijinya dan cincang kasar, 225 ml yoghurt tawar, dan es batu secukupnya.

Cara membuatnya cukup mencampur semua bahan ke dalam blender. Campur sesuai selera TemanBaik lalu tungakan ke gelas. Kalau mau tambahkan taburan-taburan lainnya yang TemanBaik sukai sebagai penambah rasa, ya!

Selai Kurma
Kurma ternyata bisa dibuat selai loh, TemanBaik. Selain langsung dimakan, selai kurma juga bisa disimpan terlebih dulu di kulkas. Selai kurma ini nantinya bisa digunakan bersama dengan roti tawar atau sebagai campuran kue.

Bahan yang diperlukan adalah 500 gram kurma buang bijinya, 250 ml air matang, 100 gram gula pasir, dan sejumput garam. Untuk membuatnya, haluskan kurma dan semua bahan lainnya dengan blender, lalu masuk menggunakan panci di atas api sedang hingga airnya mengering. Diamkan hingga dingin, lalu masukkan wadah yang tertutup. Jangan lupa simpan di kulkas ya, TemanBaik.

Dadar Gulung Kurma
Selain roti dan kue tadi, selai kurma juga bisa menjadi bahan isian dari dadar gulung. Dadar gulung kurma ini mudah dibuat dan merupakan modifikasi dari dadar gulung biasa.

Bahan untuk membuat kulit dadar gulungnya adalah 150 gram tepung terigu, 300 ml air matang, 1 butir telur ayam kocok lepas, 1 sdm margarin leleh, dan ekstrak pandan jika, jangan lupa siapkan selai kurma yang sudah dibuat sebelumnya sebagai isian nanti.

Campurkan semua bahan kulit tadi, lalu aduk rata dan saring agar tidak ada gumpalan. Masukkan margarin leleh dan ekstrak pandan, aduk rata. Panaskan wajan anti lengket dan tuang adonan kulit tadi sesuai kebutuhan, dan putar wajan sehingga adonan tersebut memenuhi permukaan wajan.

Masak dan balik hingga kulit tersebut matang lalu sisihkan. Ambil kulit tersebut, beri selai kurma di tengahnya, lalu lipat dan gulung.

Baca Ini Juga Yuk: Menikmati Sajian Iftar Andalan dari Mason Pine Hotel

Coklat Kurma
Nah, kalau olahan ini biasanya juga disukai oleh anak-anak. Campuran coklat dan kurma tentu memiliki rasa manis dan kandungan yang sehat dari kurma. Untuk olahan ini perlu menggunakan kurma berkualitas bagus dan kering agar tidak cepat hancur. Gunakan coklat yang menurut TemanBaik rasanya paling enak, ya!

Bahan-bahan yang diperlukan adalah 1 kg kurma berkualitas, 250 gram kacang mede atau almond dan panggang hingga matang, 250 gram coklat masak cair lalu cairkan, 25 gram coklat putih lalu cairkan untuk hiasan di atasnya.

Untuk membuatnya terlebih dahulu sayat kurma memanjang dan keluarkan bijinya, lalu masukkan kacang sebagai ganti biji kurma, rapatkan kembali. Celupkan kurma tadi ke dalam coklat cair hingga terlapisi seluruhnya, sisihkan dan tunggu hingga mengeras. Tambahkan coklat putih cair di atasnya untuk hiasan. Bila sudah mengeras, coklat kurma siap disantap atau disimpan di dalam toples.

Puding Kurma
Olahan puding dapat dikolaborasikan dengan kurma. Selain rasa manis dan tekstur yang khas dari puding, ada juga tekstur yang unik dari buah kurma.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 bungkus agar-agar bening, 100 gram kurma lalu buang bijinya dan cincang kasar, 10 butir kurma utuh lalu buang bijinya, 80 ml kental manis putih, 2 sdm gula pasir, dan 900 ml air matang.

Cara membuatnya pertama-tama campur agar-agar, susu, dan gula hingga rata dalam sebuah panci. Panaskan di atas api sedang sambil memasukkan air sedikit demi sedikit, lalu masak hingga campuran mengental. Masukkan kurma cincang dan masak hingga mendidih. Susun kurma utuh di dasar cetakan puding, lalu tuang adonan ke dalam cetakan tadi, sisihkan. Setelah adonan di cetakan dingin, masukkan puding ke dalam kulkas dan setelah dingin siap disajikan.

Kukis Kurma
Kue kukis dengan kurma? Rasanya pasti manis dan unik ya, TemanBaik. Selain untuk berbuka puasa, olahan kukis kurma ini bisa juga disimpan untuk hari lebaran nanti.

Bahan-bahannya cukup banyak, antara lain 50 gram kurma jenis kering lalu dipotong kecil-kecil, 225 gram tepung terigu, 150 gram mentega tawar, 25 gram cornflakes lalu hancurkan, 75 gram gula bubuk, 2 sdm susu bubuk putih, ½ sdt vanili bubuk, 1 sdt bubuk pengembang, dan ¼ sdt soda kue.

Pertama-tama untuk membuatnya yaitu ayak dan campurkan tepung terigu, susu bubuk, bubuk pengembang, dan juga soda kue, lalu sisihkan. Kocok gula, mentega, dan vanili bubuk hingga lembut. Campurkan kedua adonan bahan tadi sedikit demi sedikit dan aduk hingga rata. Selanjutnya masukkan potong buah krma dan cornflakes.

Ambil kira-kira 1 sdt adonan, bulatkan lalu pipihkan dengan garpu, selanjutnya susun di atas loyang yang telah dilapisi mentega. Panggang dengan suhu 170 derajat selamat 25-30 menit, hingga matang. Setelah dingin, kukis kurma bisa langsung disantap atau simpan di toples ya, TemanBaik.

Kue Kurma
Kalau yang ini kue sejenis bolu yang dikolaborasikan dengan kurma. Olahan ini dapat menjadi alternatif selain kukis kurma tadi untuk TemanBaik yang lebih suka kue jenis bolu.

Untuk kue bolu ini bahan-bahan yang dibutuhkan cukup banyak, jadi siapkan catatan TemanBaik ya! Bahannya adalah 200 gram tepung terigu untuk kue lalu ayak, 200 gram mentega, 100 gram kurma lalu cincang kasar, 50 gram kacang almond lalu panggang dan cincang kasar, 75 gram gula palem, 75 gram gula pasir, 25 gram tepung maizena, 25 gram susu bubuk, 4 butir telur ukuran sedang, 3 sdm madu, 1 sdt bubuk kayu manis, dan 1 sdt bubuk pengembang.

Cara membuatnya pertama-tama kocok mentega, gula palem, dan gula pasir hingga lembut dan mengembang. Masukkan telur satu per satu, bergantian dengan tepung terigu, lalu kocok kembali hingga mengembang. Masukkan tepung maizena, susu bubuk, bubuk kayu manis, bubuk pengembang, dan juga madu lalu aduk rata.

Masukkan potongan kurma dan kacang almond lalu aduk rata kembali. Tuang adonan ke loyang yang telah diolesi margarin, taburkan potongan kurma dan kacang almond, lalu panggang dengan suhu 180 derajat selama 45-60 menit hingga matang.

Nah, seluruh resep tadi bisa segera dicoba oleh TemanBaik. Selain resep yang sudah ada, TemanBaik bisa mengkreasikan resep tersebut agar mendapatkan hasil olahan kurma yang lebih enak dan sesuai selera. Selamat mencoba resep olahan kurmanya ya, TemanBaik!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Mona Mok

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler