Ini Dia Studio Rekaman Legendaris di Dunia

Bandung - Para musisi dunia kerap melalukan rekaman di berbagai studio legendaris dengan kualitas terbaik. Ada banyak studio bersejarah yang kemudian menjadi terkenal, lalu kerap dijadikan sebagai destinasi wisata para turis mancanegara yang ingin melihat langsung tempat musisi idolanya membuat karya.

Berikut ini ulasan tentang berbagai studio bersejarah yang ada di berbagai belahan dunia:

Abbey Road Studio
Abbey Road Studio merupakan salah satu studio musik tertua di dunia. Sejumlah musisi kelas dunia pernah menggunakan studio ini, sebut saja The Beatles, Pink Floyd, sampai Lady Gaga.

Abbey Road Studio menjadi salah satu studio rekaman yang diincar oleh para musisi dunia. Studio ini terletak di Abbey Road, di St John’s Wood, City of Westminster, yang didirikan pada November 1931.

Sound City Studios
Studio musik asal Amerika Serikat ini dibuka pada tahun 1969. Sound City Studios memiliki alat rekaman analog yang legendaris, yaitu Neve 8078. Saking legendarisnya, vokalis Foo Fighter, Dave Grohl sampai membeli alat tersebut.

Studio ini juga pernah menjadi saksi para musisi dunia merekam karyanya, seperti Arctic Monkeys, Death Cab for Cutie, Wolfmother, Nine Inch Nails, Metallica, Bad Religion, Slayer hingga Nirvana.

Baca juga: Shoegaze, Musik Asal Inggris yang Penuh Distorsi

Rockfield Studios
Rockfield Studios merupakan tempat dimana Queen merekam lagu hits miliknya yang berjudul 'Bohemian Rhapsody'. Studio yang terletak di daerah Monmouthshire, Wales ini juga menjadi tempat rekaman band-band, seperti Stone Roses, Manic Street Preachers, Coldplay pada era 1990-an. Saat era 70-an Motörhead dan Black Sabbath juga merekam beberapa karya pertamanya di studio ini.

Columbia
Studio yang sudah berdiri sejak 1890 ini terletak di Washington DC. Awalnya, Columbia merupakan tempat penjualan phonograph dan silinder musik. Namun, seiring perkembangannya, studio ini kemudian menjadi tempat rekaman bagi karya-karya dari beberapa nama musisi legendaris, yaitu Bob Dylan, Johnny Cash, sampai AC/DC.

Trident Studios
Selain dikenal sebagai lokasi perekaman lagu 'Hey Jude' dan beberapa track pada 'White Album' milik The Beatles, Trident Studios juga dikenal sebagai studio pertama di dunia yang membuat dan menggunakan teknologi rekaman 16 trek.

Studio yang berlokasi di distrik Soho, London, Inggris, ini juga diketahui sebagai tempat rekaman bagi berbagai proyek musik solo dari para personel The Beatles, termasuk John Lennon dan Yoko Ono.



Foto: abbeyroad.com



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler