Parekh & Singh, Duo Dream Pop Nyentrik Asal India

Bandung - India dikenal sebagai negara yang memiliki ciri khas tersendiri dengan lagu-lagunya. Dalam film Bollywood sering kita jumpai adegan bernyanyi lagu-lagu khas India dibawakan dengan sejumlah tarian dan koreografi yang kompak dan ekspresif. Ternyata selain lagu-lagu dan tarian India yang terkesan 'meriah', India juga memiliki band dengan tampilan yang lebih sederhana.

Kenalkan, Parekh & Singh, duo asal Kolkata, India yang hadir berbeda dari lagu-lagu India yang kita tahu, mereka menyuguhkan musik bergenre dream pop. Parekh & Singh sendiri diambil dari nama akhir mereka, yaitu Nischay Parekh (vokal, gitar, synths) dan Jivray Singh (drum dan elektronik).

Duo dream pop ini lahir pada tahun 2011 dan terbentuk dilatar belakangi kecintaan mereka terhadap musik. Kemudian Nischay dan Jivray mengeksplorasi musik dan membentuk band dengan genre yang berbeda di India.

Penampilan rapi dan 'berwarna' Parekh & Singh menjadi ciri khas band yang satu ini. Gaya ini ternyata terinspirasi oleh berbagai film dari sutradara asal Amerika, Wes Anderson. Film-film Wes Anderson kerap menampilkan cara berpakaian mereka yang berwarna. Pun begitu dengan lagu-lagu yang diciptakan Parekh and Singh yang juga banyak dipengaruhi dari lagu di soundtrack film-film Wes Anderson.

Baca juga: Mengenal Skena Musik Islandia yang Menyihir Dunia

Selain Wes Anderson, mereka juga terinspirasi band-band asal Amerika, yaitu Simon & Garfunkel dan Hall & Oates. Frank Sinatra, Marvin Gaye dan Stevie Wonder juga menjadi musisi yang banyak memengaruhi musik mereka.

Parekh & Singh memulai "petualangan" bermusiknya dari panggung gigs kecil di India. Melalui gigs-gigs kecil itulah Parekh & Singh mencoba memperkenalkan musik mereka. Sambutan baik pun didapat dari warga India. Pada tahun 2014, dua penghargaan pun berhasil mereka kantongi, yaitu Jack Daniels Rock Award for Song of the Year 2014 dan Vh1 Sound-nation Award for Best New Artist 2014.

Album pertama Parekh & Singh berjudul 'Ocean' rilis pada tahun 2013 secara indipenden yang berisi sembilan lagu. Pada Bulan Oktober 2016 yang lalu, Parekh & Singh merilis ulang album ‘Ocean’ milik mereka di bawah naungan label rekaman asal Inggris yaitu Peacefrog. Lagu 'I Love You Baby, I Love You Doll' menjadi lagu andalan mereka di album tersebut.

Selain merilis ulang album 'Ocean', Parekh & Singh juga membuat tiga video klip untuk tiga lagu mereka, yaitu 'I Love You Baby, I Love You Doll', 'Ghost' dan 'Philosophize'. Dalam video klip tersebut, tak ada tarian yang biasa TemanBaik lihat dalam film India. Malah melihatkan tampilan yang unik, imajinatif dan konsisten dengan penampilannya yang berwarna dan nyentrik.

Penasaran dengan lagu-lagu Parekh & Singh? Untuk menikmati musik dan penampilan mereka, TemanBaik bisa kunjungi kanal Youtube mereka bernama Parekh & Singh.

Foto: Facebook.com/parekhsinghmusic


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler