Kekuatan Lirik Lagu-lagu Folks Milik Oscar Lolang

Bandung - Memilih jalur musik folks menjadi tantangan tersendiri bagi Oscar Lolang, penyanyi dan juga penulis lagu. Musik yang sederhana menjadi ciri khas genre ini. Namun yang membuat musik ini banyak digemari saat ini adalah karena kekuatan liriknya.

"Musik yang saya mainkan ini minimalis, yang bikin jadi terasa mewah itu karena liriknya," ujar Oscar saat menjadi pembicara di acara Organic: Eksplorasi Puisi dalam Seni yang digelar di Kantor Beritabaik.id Jalan Cigadung Raya Barat, Jumat (5/10/2018) malam.

Oscar mengungkapkan bahwa lirik baginya adalah sebuah bentuk kesenian ritmik yang terpisah dalam suatu lagu. Suatu alunan musik akan berbeda efeknya saat dimasukkan lirik.

"Makanya untuk membuat lirik itu butuh kemampuan menulis tersendiri. Kadang musisi keasyikan di bidang ritmiknya saja sehingga lirik yang dibikin bisa jadi kurang menarik karena fokus ke musiknya aja. Padahal musisi itu bertanggungjawab juga pada kata-kata di lirik," katanya.

Oscar menyatakan ia sering menulis potongan-potongan lirik saat menemukan inspirasi atau sesuatu yang menarik. Lirik itu kemudian kerap dipakai untuk lagu-lagu ciptaannya.

Baca juga: Inspirasi Lagu Terbaru Vira Talisa dari Seniman Asing di Perancis

"Saya enggak tahu juga yang saya tulis itu puisi atau bukan. Tapi kalau saya lagi gitaran dan teringat kayanya pas nih dengan tulisan saya sebelumnya, maka saya akan cari tulisan saya itu untuk kemudian jadi lagu," tutur Oscar mengungkap cara dirinya membuat karya.

Melihat tren musikalisasi puisi yang tengah tren saat ini, Oscar melihatnya sebagai sesuatu yang menarik.

"Musikalisasi bagi saya sesuatu yang menyenangkan dan penyegaran juga. Kita bisa menikmati karya sastra dalam bentuk yang berbeda," ucapnya.

Oscar malam itu pun membawakan 5 lagu dengan komposisi 3 lagu saat membuka dan 2 lagu untuk menutup acara.

Di acara Organic #1 ini selain Oscar hadir juga Aan Mansyur penulis puisi yang dikenal sebagai pujangga di balik tokoh Rangga di film AADC 2 dan Euis N Hayati penggiat puisi di media sosial yang rutin membagikan karya puisinya pada pengikutnya yang kini berjumlah lebih dari 28 ribu orang.

Nantikan Organic dari beritabaik.id selanjutnya dengan tema dan pembicara yang enggak kalah menarik ya TemanBaik!

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler