Pendewasaan Sekaligus Penerimaan dalam Album Kedua Reality Club

Yogyakarta - Setelah sukses melempar tiga single terbaru, yakni 'Telenovia', 'SSR', dan 'Alexandra' dengan warna yang berbeda dalam jarak berdekatan sebagai pengantar, akhirnya Reality Club berhasil meluncurkan album keduanya yang bertajuk 'What Do You Really Know?' baru-baru ini.

Dalam rilis yang diterima BeritaBaik, band asal Jakarta yang digawangi oleh Fathia Izzati atau @kittendust (vokal), Faiz Novascotia (vokal/gitar), Iqbal Anggakusumah (gitar), Nugi Wicaksono (bass), dan Era Patigo (drums) ini menuliskan kata pengantarnya.

"Album ini merupakan sebuah batu loncatan penting dalam perjalanan bermusik kami. Sebuah album yang dikerjakan dengan serius, jujur dan sepenuh hati. Terdapat 11 track dalam album ini yang sangat bervariasi, namun merupakan sebuah satu kesatuan dari narasi yang diberikan," tulis mereka. 

Album 'What Do You Really Know?' menantang pola pikir dan persepsi kita mengenai bagaimana hidup ini berjalan, dengan kalimat tanya tersebut: apa yang sebenarnya kita tahu? Ini adalah sebuah album mengenai warna-warni pendewasaan, pengalaman-pengalaman yang mengantar kita ke posisi kita saat ini, dan juga sisi gelap dan terang kehidupan. Tidak hanya rasa kehilangan, amarah, frustrasi, namun juga rasa nyaman, ikhlas, dan menjadi bijaksana.

Album ini adalah sebuah narasi penuh perjalanan. Jika didengar secara menyeluruh, album ini dimulai dari saat album Reality Club sebelumnya berakhir, yakni track 'Prologue' dimulai sewaktu 'Epilogue' dari album 'Never Get Better' usai. Iringan instrumental memberi gambaran apa yang akan terjadi selanjutnya. Kita bisa mendengar pendewasaan Reality Club ketika suara yang belum pernah dipergunakan sebelumnya ikut masuk.

Baca Ini Juga Yuk: Vira Talisa Curahkan Kegelisahan Lewat Single 'Selimut Kota'

Lalu, track berlanjut ke 'SSR'. Narasi awal di album ini yang terdengar lebih gelap, dan semakin menjurus ke mood yang lebih gelap seiring album ini berjalan. Track berikutnya seperti 'The Rush' dan 'Vita o Morte' juga membahas topik dan permasalahan yang lebih dewasa. Setelah mencapai klimaksnya, ada sedikit pencerahan ketika 'Telenovia' dimulai, menandakan pergantian mood yang cukup signifikan.

'Telenovia' menandai perubahan ke nuansa yang lebih tenang, namun masih dalam narasi yang sama, di mana lagu-lagu sedih seperti 'Alexandra' dan 'A Sorrowful Reunion' menjadi andalan. Sebuah lagu hanya dengan iringan gitar, strings, dan vokal. Album pun diakhiri dengan track berjudul '2112', sebuah lagu yang menggambarkan kenangan akan rasa senang, sedih, dan penerimaan menjadi satu. Sebuah resolusi yang kuat dan menjadi sebuah penutup yang sempurna untuk album ini.

Hampir semua lirik lagu dalam album ini ditulis oleh Faiz Novascotia, kecuali 'The Rush' dan 'On My Own, Again' yang ditulis oleh Iqbal Anggakusumah, serta 'Vita o Morte' yang ditulis oleh Era Patigo Rizky bersama Faiz Novascotia. Musik dalam album ini merupakan hasil ramuan dari semua personel Reality Club.

Album ini diproduseri oleh Reality Club bersama Wisnu Ikhsantama Wicaksana dan direkam di SOUNDPOLE, kecuali drums instrument yang direkam di BRO’s Studio serta strings instrument yang direkam di SAE Institute, Jakarta. Proses mixing digarap oleh Wisnu Ikhsantama Wicaksana, sedangkan proses mastering digarap oleh Brian Lucey di Magic Garden Mastering.

Untuk mempromosikan album ini, Reality Club tengah menjalankan album tour yang akan menyambangi 11 titik, dimulai dari Malaysia dan Singapura, sebelum berlanjut ke Indonesia. Tour akan berlangsung selama kurang lebih dua bulan, dan akan berakhir di satu showcase di mana Reality Club akan menyuguhkan pengalaman penuh dari 'What Do You Really Know?' yang jauh lebih meriah. Mengenai informasi jadwal album tour selengkapnya dapat kita pantau di akun instagram mereka (@realityclub).

Album 'What Do You Really Know?' sudah mengudara di berbagai platform musik digital sejak 30 Agustus 2019 ya, TemanBaik. Selamat mendengarkan!


Foto: press release Reality Club

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler