Cara Oasis Indonesia Rayakan Ulang Tahun Liam Gallagher

Jakarta - Pasca bubarnya Oasis, Liam Gallagher, motor grup band Bripop asal Inggris itu tetap memiliki basis penggemarnya tersendiri. Walau sudah tidak bersama Oasis, pemilik nama lengkap William John Paul Gallagher masih aktif berkarir di industri musik dunia.

Liam lalu membuat grup Beady Eye pada tahun 2009, menggaet mantan member Oasis lainnya yakni Gem Archer, Andy Bell dan Chris Sharrock. Namun, Liam hanya mampu bertahan dengan band yang telah menelurkan dua album studio itu sampai tahun 2014 saja. Selepas itu, Liam mantap menjadi penyanyi solo. Debutnya dibuktikan dengan merilis album bertajuk ‘As You Were’ (2016) dan belum lama ini ia juga merilis album keduanya yang diberi judul ‘Why Me? Why Not.”.

Pada tanggal 21 September, Liam berulang tahun ke-47, untuk merayakannya komunitas Oasis Indonesia mengggelar sebuah perayaan khusus, ‘Liam Gallagher Exhibition’. Bertempat di Bluemoon Container Cafe, Jalan Duren Tiga Selatan No.19 Jakarta Selatan, sebanyak kurang lebih 150 koleksi Liam Gallagher dari tiga era berbeda (Oasis, Beady Eye, solo karier Liam Gallagher) dipamerkan. Koleksi tersebut berasal dari barang-barang yang dikumpulkan oleh dua orang co-founder Oasis Indonesia, Ilham Priananda dan Ridzki Ilham Akbar.

Walau acara utamanya berfokus pada exhibition, tapi terdapat hiburan lainnya yang bisa dinikmati oleh para penonton. Seperti nonton bareng film dokumenter Liam Gallagher yang berjudul ‘As It Was’ dan penampilan dari band-band tribute Oasis, Mejikpay, Cliff, dan Oasis Indonesia Band.

Baca Ini Juga Yuk: The Papandayan Jazz Fest 2019 Siap Digelar Lagi, Catat Tanggalnya

Acaranya sendiri sengaja dibuat ekslusif, karena kapasistas tempat yang tidak terlalu besar, penyelenggara membatasinya hanya untuk 50 orang saja dengan banderol tiket Rp 50.000.

“Tadinya acara ini mau dibuat secara ekslusif, khusus member WhatsApp Group dan Telegram Oasis Indonesia. Tapi malah bocor ke pihak luar. Akhirnya gw mencoba untuk fair, gw buka untuk umum tapi hanya 50 orang saja. Enggak mau bikin beberapa sesi, cukup sekali itu aja,” ceritanya pada BeritaBaik.id.

Ilham mengungkapkan jika exhibition ini digelar karena kebosanannya akan acara-acara bertemakan Oasis yang begitu-begitu saja, monoton, dan tidak berkembang. Karena itu ia menghadirkan eksibisi Liam Gallagher yang bisa dibilang pertama di dunia. Sebab, memang tak banyak orang yang mempunyai koleksi sebegitu banyak akan Oasis.

“Gw ini tinggal di negara yang penggemar Oasis-nya fanatik, tapi fanatik dengan dunianya sendiri. Bikin acara cuma gig yang gitu-gitu aja. Bosan. Kita enggak mau cuma sekadar menghadirkan pertunjukan musik, semua orang bisa bikin kalau cuma acara tribute Oasis. Kalau bikin exhibition kan enggak semua bisa melakukannya,” tegas Ilham

Rencana Jangka Panjang Oasis Indonesia

Agenda yang dicanangkan oleh Oasis Indonesia untuk tahun 2019 diakui Ilham sudah selesai dilakukan. Hingga saat ini, Oasis Indonesia telah mampu menggaet 2.000 followers di Instagram. Memiliki member di grup WhatsApp dan Telegram.

Pria yang akrab disapa Hamprand ini membocorkan jika tahun 2020 ia dan para founder Oasis Indonesia berencana melakukan launching Oasis Indonesi. Hal itu dilakukan untuk lebih bisa mengjangkau para pecinta Oasis secara lebih luas lagi di seluruh Indonesia.

“Tahun depan akan ada beberapa agenda. Doain aja mudah-mudahan rencananya enggak molor dari agenda yang sudah ditentukan. Kita bakal bikin perayaan 25 tahun album ‘(Whats The Story) Morning Glory?’. Sama kaya perayaan ulang tahun Liam, bakal ada juga perayaan ulang tahun Noel Gallagher yang jatuh di bulan Mei. Setiap dari personel Oasis yang ulang tahun akan ada exhibition,” bebernya.

Ia menyadari jika komunitas akan menjadi besar jika berkolaborasi dengan pihak lain. Karena itu, Ilham juga mengungkapkan jika ke depannya tidak menampik kemungkinan akan berkolaborasi dan fanbase lain.

Baca Ini Juga Yuk: Kolaborasi Syahdu Ify Alyssa & Adhitia Sofyan di Lagu 'Dua Insan'

“Kemungkinan kita bakal buat kolaborasi dengan Manchester City Supporter Club Indonesia (MCSCI) untuk membuat acara akbar, entah dalam bentuk exhibition atau acara yang lebih besar lagi. Karena nanti (mungkin) posisinya Oasis Indonesia sudah launching. Sudah ada namanya lah, dan udah ada modal juga untuk menggaet sponsor,” tuturnya panjang lebar.

Terbilang sukses menggelar eksibisi Liam Gallagher, Ilham tidak menutup kemungkinan untuk membawanya ke kota-kota lain di luar Jakarta.

“Kalau ada kota lain yang siap memfasilitasi tempat dan akomodasi gw siap untuk berangkat. Ini sebenarnya masuk ke salah satu agenda tahun depan, tapi enggak jadi sesuatu yang diprioritaskan. Gw enggak terlalu berekspektasi untuk melebarkan sayap begitu jauh, di Jakarta aja dulu,” akunya.

Sebagai komunitas, Oasis Indonesia tentu memiliki goal khusus. Adapun goal terbesar yang ingin diraih oleh komunitas yang berdiri sejak Desember 2018 ini adalah mereka ingin memfasilitasi apapun yang fans Oasis, Liam Gallagher dan Noel Gallagher inginkan di Indonesia. Baik berupa gig, exhibition, pembelian merchandise resmi, dan lain-lain. Mereka akan coba untuk bisa mewujudkannya. Atau mungkin mendatangkan Liam dan Noel ke Indonesia? Mari berdoa saja. 


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler