Murphy Radio Rilis Double-Single Tentang Hari Down Syndrome

Samarinda - Grup math-rock asal Samarinda Murphy Radio baru saja melepas dua single sekaligus bertajuk 'Autumn' dan 'Sandy' yang dibungkus dalam satu video musik. Dua single ini merupakan representasi Murphy Radio terhadap down syndrome yang dimiliki seseorang.

Dalam keterangan resminya, grup musik yang digawangi Wendra (Gitar), Aldi Yamin (Bass), dan Muhammad Amrullah (Drum). menulis bahwa dalam kondisi yang berbeda para penyandang down syndrome dan disabilitas lainnya juga mampu melakukan hal yang sama, bahkan bisa lebih karena mereka dapat melihat cerita dan warna mereka sendiri. Mereka juga melibatkan SLBN Pembina Samarinda terkait talent untuk video musik lagu ini.

"Awalnya kami sangat kesulitan dalam mewujudkan ide kami dalam video ini. Sampai kami dipertemukan dengan salah satu senior dalam skena musik Samarinda, Yadhie Jombank, yang kebetulan bekerja di SLB tersebut." Ungkap Aldi dan Wendra perihal proses pengerjaan video klip ini.


Mereka menyebutkan tak menyangka konsep yang ditujukannya buat pihak sekolah dalam menggarap video klip ini akan diterima oleh pihak sekolah. Pada praktiknya, video klip ini melibatkan para murid SLBN Pembina dengan menampilkan aktivitas reguler mereka ketika berada di kelas. Serta mengajak salah satu murid untuk menjadi tokoh utama dalam video ini.

Baca Ini Juga Yuk: Aksi Baik Musisi Balada Bikin Lagu Tentang Corona

Sepanjang video klip, nampak seorang siswa SMP sedang beraktivitas, dan seorang siswi memperagakan bahasa isyarat yang menunjukkan kesenangan siswa-siswi ini berada di dunia. Semua kegiatan dibalut musik penuh semangat dengan didominasi tabuhan drum yang menggebu dan melodi gitar yang menohok seakan menjadi vokal utama pada lagu ini. Murphy Radio menyebutkan, pemilihan tema musik yang semangat ini merepresentasikan semangat para penyandang down syndrome di dunia ini.

Video klip berdurasi delapan menit ini seolah terbagi ke dalam dua fragmen. Jika di fragmen pertama, seorang siswa dan siswi yang mendominasi frame, maka pada fragmen kedua, seluruh kegiatan ditampilkan termasuk sosok masing-masing personel Murphy Radio yang memakai topeng sembari bermain musik. Vokal utama juga diisi oleh lirik yang dinyanyikan Wendra yang juga merupakan pemain gitar elektrik.

Proses teknis video dilakukan oleh Resa Alif dan Mademundari Three AM Creative House. Sementara proses audio lagu Murphy Radio masih dalam pengerjaan oleh Arie Wardhana dari Backstage Studio.

Double-single 'Autumn' dan 'Sandy' ini merupakan rilisan terbaru setelah debut album Self Titled yang mereka rilis 2 tahun silam dan diharapkan dapat melepas kerinduan pendengar band yang mulai aktif bermusik sejak enam tahun silam ini.

Menemani hari-hari #DiRumahAja, TemanBaik sudah bisa mengakses double-single ini di berbagai platform digital, dan video klipnya sudah bisa ditonton di YouTube. Sudah melihat dan mendengar?

Foto: dok. Murphy Radio

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler