Enam Hal Menarik dari Penyanyi Didi Kempot

Surakarta - TemanBaik, publik Indonesia dikejutkan dan berduka dengan meninggalnya penyanyi campur sari Didi Kempot (53) di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah. Ia meninggal pada Selasa (5/5/2020) sekitar pukul 07.30 WIB. 

Tentu menarik untuk membahas soal sosok Didi Kempot. Tapi, karena terlalu banyak hal menarik, BeritaBaik.id merangkumnya dalam enam hal. Simak ulasannya yuk!

1. Sejarah Nama
Nama Didi Kempot adalah nama panggungnya. Tapi, TemanBaik tahu enggak jika nama aslinya adalah Dionisius Prasetyo. Didi adalah panggilan akrabnya yang berasal dari nama depannya. Sedangkan Kempot adalah singkatan dari Kelompok Penyanyi Trotoar. Ya, dulunya Didi Kempot adalah seorang pengamen. Sehingga, nama Kempot itu kemudian melekat padanya.

2. Dijuluki Godfather of Broken Heart
Salah satu keunikan yang dimiliki sosok Didi Kempot adalah julukannya. Ia dijuluki Godfather of Broken Heart. Itu karena Didi kerap menciptakan lagu-lagu bernuansakan percintaan, terutama patah hati. Meski begitu, lewat lagu dan pesannya, ia selalu mengajak siapapun untuk bangkit dari rasa sakit hati.

3. Penampilan
Hal yang publik paling ingat dari penampilan Didi tentu adalah pakaiannya yang khas. Ia selalu mengenakan pakaian adat Jawa, lengkap dengan penutup kepala. Ciri khas lainnya adalah rambut panjang yang agak ikal.

4. Beken di Suriname dan Belanda
Sosok Didi Kempot dengan lagu-lagunya ternyata tak hanya terkenal di Indonesia loh TemanBaik. Karya Didi juga banyak dinikmati warga Suriname dan Belanda. Bahkan, ia juga beberapa kali memenangkan anugerah musik nasional loh di Suriname.

Baca Ini Juga Yuk: Navicula Produksi Face Shield untuk Disumbangkan ke Tenaga Medis

Awal kepopuleran Didi di dua negara itu adalah berkat lagu 'Cidro'. Meski tak terkenal di Indonesia, lagu itu disenangi turis suriname di Indonesia. Sang turis yang berdomisili di Belanda itu lalu memutarnya di salah satu radio di Amsterdam. Dari situ, lagu-lagu Didi dikenal dan banyak disukai hingga kini.

5. Konser dan Film Urung Terlaksana
Untuk memperingati 30 tahun berkarya di industri musik Tanah Air, Didi berencana menggelar konser bertajuk 'Ambyar Tak Jogeti' di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 10 Juli 2020. Sayang konser itu akhirnya urung terlaksana.

Padalah, penyanyi asal Solo itu punya niat besar. Sebagian hasil penjualan tiket akan disumbangkan untuk membantu penanggulangan COVID-19 di Indonesia. Sebuah rencana aksi yang keren kan TemanBaik? Sementara selain konser, ada satu hal lain yang juga urung terlaksana. Didi batal membuat film berjudul Sobat Ambyar. Itu adalah film yang bertemakan tentang cinta.

6. Hasilkan Rp7,6 Miliar dari Rumah
Ini jadi salah satu bagian paling keren yang dilakukan Didi sebelum meningal dunia dan tentunya bakal dikenang publik. Pada 11 April 2020, ia menggelar konser bertajuk 'Konser Amal dari Rumah'. Hebatnya, dari konser ini terkumpul donasi sekitar Rp7,6 miliar yang disumbangkan untuk masyarakat terdampak virus corona.

Apa yang dilakukan Didi jelas jadi bukti bahwa ia punya kepedulian tinggi terhadap sesama. Di luar itu, tentu akan banyak hal yang dikenang dari sosok Didi Kempot. Selamat jalan!

Foto: dok. Instagram @didikempot_official/Kobar Nendrodewo
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler