Irwin Ardy Rilis Mini Album ‘Gelombang Terakhir’, Sudah Dengar?

Bandung - Solois Irwin Ardy baru saja merilis mini album bertajuk ‘Gelombang Terakhir’. Proses perilisan lagu ini terinsipirasi dari kegiatan Irwin selama #DiRumahAja.

Rutinitas baru dari rumah yang disebut sebagai kalibrasi pola kehidupan membuat Irwin kembali membuka materi-materi lagu lama yang belum sempat dirilis. Dimulai dari kegiatan itulah, ia menemukan 6 materi yang kemudian dirilis dalam format mini-album, antara lain: ‘What Matter the Most’, ‘I Believe’, ‘Please Wait! Linda Lee’, ‘Surat Buat Teman’, ‘Standard Pop Song’ dan sebuah lagu yang pernah dirilisnya pada 2018 yakni ‘Bermuda’.

“Bermuda dan Standard Pop Song itu sebenarnya satu angkatan dan sudah dirilis sebelumnya cuma menurut saya kurang dikenal, jadi pikir saya kenapa nggak diangkat lagi dengan remastering yang lebih asik,” tulis Irwin dalam keterangan resmi yang diterima Beritabaik.id.

Lebih lanjut lagi, Irwin menceritakan bahwa lagu ‘What Matters the Most’ menjadi tertua dalam mini album ini. Produksi untuk lagu ini sudah digarap pada 2014 silam dan melibatkan Christo Putra dari Floyd & Bangkutaman. Sedangkan lagu ‘Surat Buat Teman’ adalah lagu termuda yang diproduksinya.

Adapun lagu ‘Please Wait! Linda Lee’ merupakan coret-coretan iseng Irwin bersama sang istri yang kemudian dirangkum menjadi komposisi musik, sementara itu lagu ‘I Believe’ dianggapnya sebagai catatan yang punya lirik cukup kuat.

“Benang merahnya ada di bagian lirik. Secara musikalitas nggak ada, secara konsep artwork apalagi. 6 lirik di sini nulisnya emang benar-benar lahir dari momentum hidup yang serius sekali. Itu patut disyukuri dong, karena sudah dilewati dengan baik. Momentum hidupnya personal sekali tapi ketika jadi lirik, sepertinya bisa relevan dengan pengalaman orang banyak,” bebernya.

Secara musikal, mini-album gelombang terakhir nampaknya mengusung tema pop-alternatif. Sepanjang lagu, kita akan banyak mendengar nuansa musik elektronik pada tabuhan drum, perpindahan akor yang sederhana, dan nada-nada ringan sehingga mudah dihafalkan oleh pendengarnya.

Selain itu, durasi lagu pada mini album ini juga tergolong singkat. Sebut saja ‘Please Wait! Linda Lee’ yang hanya berdurasi 2 menit 35 detik saja. Jangan lupa, unsur gitar akustik yang konsisten dengan perpindahan akor sederhana membuat lagu ini mudah dekat dengan pendengarnya.

Kendati demikian, Irwin menyebut dirinya belum tentu akan membawa materi lagu ini ke atas panggung. Pasalnya, ia mengaku nyaman berada di bangku produser ketimbang maju sebagai penampil dalam industri musik. “Udah 2 tahun enggak manggung, pastinya udah ‘karatan’ juga, ya,” tutup Irwin.

TemanBaik, saat ini materi mini album ‘Gelombang Terakhir’ sudah bisa didengar di berbagai platform digital. Bagaimana? Sudah dengar lagunya? Kalau sudah, maka lagu mana yang jadi favoritmu dari mini album ini?


Foto: Dok. Irwin Ardy

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler