'Terjadilah', Kembalinya Suar dengan Proyek Musik Terbarunya

Bandung - Suar Nasution kembali ke belantika musik melalui proyek barunya dengan entitas Suar. Menggandeng Yoga Patria, duo grup ini baru saja merilis single 'Terjadilah'.

Saat dihubungi Beritabaik.id, Suar menceritakan bagaimana kemudian dirinya bisa kembali ke dunia musik. Sejak memutuskan hengkang dari Pure Saturday pada 2004 silam, ia disibukkan oleh kegiatannya sebagai pekerja kantoran.

"Sebetulnya 2001 itu udah mulai ngantor, terus sampai 2015. Setelah resign dan pindah kantor sekitar tahun 2015, waktu untuk bermusiknya jadi lebih leluasa. Di situ deh nemu momen untuk bermusik lagi," ungkapnya kepada Beritabaik.id.

Setelah menemukan waktu luang untuk lebih fokus bermusik, akhirnya Suar mulai kembali menulis lagu. Nah, lagu 'Terjadilah' itu sendiri kemudian mulai ditulis pada Oktober 2018 silam. Membutuhkan satu setengah tahun bagi Suar untuk memproduksi single ini. Ia menjelaskan waktu setahun lebih tersebut digunakan untuk merekam ulang beberapa bagian lagu.

"Setelah Yoga ikut proyek ini, beberapa materi yang saya rekam sendiri akhirnya direkam ulang di studio Yoga," jelasnya.

Kehadiran Yoga Patria pada proyek musik Suar disebut sebagai penyeimbang. Pasalnya, secara personal Suar mengaku dirinya perlu sentuhan lain dalam menulis lagu.

"Saya kalau nulis sendiri tuh lagunya jadi terlalu manis. Perlu orang yang ngacak-ngacak lah, istilahnya," kata Suar.

Baca Ini Juga Yuk: Cerita Bramaditya Dimas Andika, Pengarsip Video Konser Sejak 2011

Meskipun tak menampik lagu 'Terjadilah' merupakan lagu romansa, namun Suar menyebut lebih jauh lagi lagu ini merupakan interpretasi dari apa yang ia lihat selama tak aktif bermusik. Lebih jauh lagi, ia menyebut 'Terjadilah' merupakan penghubung mata rantai bermusiknya yang sempat terputus setelah ia meninggalkan Pure Saturday.

Secara terpisah, Yoga Patria juga menyampaikan pembagian perannya bersama Suar dalam proyek ini. Menurut Yoga, kehadiran dirinya dalam proyek musik Suar. Di sini, ia mengaku berperan sebagai peramu dasar musik (guide) untuk berbagai instrumen pada lagu ini setelah ide lagu dari Suar memasuki tahap workshop.

"Pas proses sih selain main gitar, saya bikinin guideline buat bas dan ngegambar midi drum-nya. Tapi pas rekaman, itu eksekusinya dilakuin sama additional," ungkapnya.

Secara musikal, lagu ini mengingatkan kita kepada musik-musik pop alternatif era 90-an hingga awal 2000-an. Sebagai komposer, Suar tak menampik referensi bermusiknya berpengaruh banyak terhadap hasil karya yang dibuat. Kita bisa mendengar irama musik pop alternatif yang diramu sedemikian rupa. Namun kembali lagi, dengan berbagai referensi yang dimiliki penggarapnya, lagu 'Terjadilah' terdengar seperti wajah baru dari gaya musik pop-alternatif era dua dekade ke belakang.

Namun di sisi lain, lirik dari lagu ini seolah mencerminkan pertemuan sepasang wanita dan pria, maupun sebaliknya. Pertemuan tersebut seolah menjadi kenangan di masa yang akan datang. Percaya atau tidak, pendengar bakal tersipu dengan gaya musik Suar pada single ini loh, TemanBaik!

Lebih Percaya Diri
Sosok Suar memang tak bisa lepas dari grup band lamanya, Pure Saturday. Meski begitu, ia mengaku lebih percaya diri saat menggarap proyek musik barunya ini. Menurut Suar, tantangan menggarap proyek berentitas Suar ini jauh lebih tinggi. Namun, ia mengaku tanpa beban mengerjakan seluruh prosesnya.

"Waktu di Pure Saturday mah kita kan diskusinya barengan, enggak ada istilah canggunglah karena mungkin anak-anak juga seangkatan sama saya. Kalau sekarang, rasa canggung pasti ada, ya. Tapi, saya ngerasa jauh lebih lepas di proyek ini," ungkapnya.

Senada dengan Suar, Yoga juga merasa dirinya lebih percaya diri saat mengisi bagian instrumen gitar pada proyek musik ini. Seperti diketahui sebelumnya, Yoga juga aktif bermusik dengan grup band Nineball.

"Lebih bebas kalau di Suar itu, wah pokoknya lebih bebas lah," ujarnya, singkat.

Keseruan dalam proses bermusik inilah yang membuat Suar dan Yoga merasa cukup dengan formasi grup berdua. Pasalnya, dua personil Suar ini merasa cocok dan menemukan chemistry.

Jembatan Menuju Album
Dilepasnya single 'Terjadilah' bukan semata-mata menjadi ajang comeback sejenak bagi Suar. Lebih lanjut lagi, ia menyebut lagu ini merupakan jalan pembuka untuk Suar dalam merilis karya berikutnya. Ia mengaku sedang mempersiapkan beberapa single sebelum nantinya akan merilis album penuh.

"Terjadilah dipilih biar pendengar enggak kaget. Soalnya nanti bakal banyak bedanya nih gaya bermusik di single-single berikutnya," kata Suar membocorkan rencana perjalanan berkaryanya.

Ditanya lebih lanjut mengenai bocoran karya berikutnya, Suar masih enggan menjawab. Ia menyarankan TemanBaik untuk mengikuti pergerakan proyek musiknya secara bertahap. Kamu bisa mulai mengikuti pergerakannya lewat akun resmi Instagram mereka @suar_music loh!

Sebagai pamungkas, ia mengaku tak sabar ingin membawakan 'Terjadilah' secara live. Bakal ada dua additional player yang akan mendampingi Suar dan Yoga saat mereka manggung kelak.

TemanBaik, saat ini 'Terjadilah' sudah bisa kamu dengarkan di berbagai platform digital. Nah, lalu adakah diantara kamu yang merindukan aksi panggung Suar Nasution?

Foto: dok. Suar Musik


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler