Ajak Pendengar Berlayar, Sal Priadi Rilis 'Irama Laot Teduh'

Jakarta - Solois sekaligus penulis lagu Sal Priadi baru saja melepas single bertajuk 'Irama Laot Teduh'. Lagu ini akan jadi pembuka untuk series 'Kumpulan Lagu Cinta #1" yang sedang dikerjakannya.

Melalui konferensi pers daring, ia menyebut dalam proses kreatif ini dirinya sudah punya tujuan dalam berkarya. Bahkan ia mengaku sudah mengetahui hasil akhir lagu ini saat awal-awal proses pembuatan lagu, yang mana ia memulainya dengan bermain gitar dan melantunkan nada tanpa lirik.

Ia juga menyebut lagu ini menonjolkan sisi lain yang berbeda dari album 'Berhati'. Bila pada album ini, nuansa musik Sal terasa lebih gelap, maka di single 'Irama Laot Teduh' ia mencoba menyajikan musik yang lebih cerah, namun tanpa menghilangkan karakter aslinya yang terlihat begitu romantis apabila berkaca pada lirik-lirik pada lagunya.

"Ketika zaman album 'Berhati' dibawain di atas panggung, pas turun orang-orang itu selalu bilang, kok gua liat lu di panggung sama di sini beda," ujar Sal Priadi, merujuk pada penilaian audiens terhadap penampilannya.

Untuk memberikan sentuhan baru, Sal kemudian menggandeng Mohammed Kamga sebagai pengarah vokal. Ia mengaku sangat senang bisa bekerjasama dengan Kamga, walau pada awalnya ada rasa deg-degan.

"Rekaman bareng vocal director itu awalnya kirain bakal serem. Tapi kalo sama Kamga enggak begitu. Prosesnya semenyenangkan itu dan lebih banyak ngobrol, diskusi begitu," terang Sal.


Baca Ini Juga Yuk: Album 'The Worst Of' Planetbumi Dirilis Ulang di Platform Digital

Secara musikal, lagu ini menyajikan gaya pop akustik. Namun, di sisi lain kita juga merasa ada nuansa bossanova hingga pada iringan instrumen seperti tabuhan perkusi, suara instrumen akordion. Sentuhan nada di beberapa bagian, sesekali memperkuat nuansa musik keroncong dalam lagu ini. Namun, gaya vokal Sal yang begitu menjejak dan gaya bernyanyinya sangat kental dengan gaya pop, menjadikan 'Irama Laot Teduh' salah satu lagu pop romantis yang mudah akrab di telinga. Untuk segi lirik, Sal memilih kata-kata romantis layaknya lagu-lagu di album 'Berhati'

Proses kreatif lagu ini juga melibatkan Saleh Husein atau akrab disapa Ale. Gitaris grup musik White Shoes & The Couples Company yang juga jadi pentolan grup musik The Adams ini didaulat menjadi pembuat artwork. Sal mengaku, Ale adalah figur seniman sekaligus ilustrator dengan rekam jejak dan karya yang sangat bagus.

Lebih lanjut lagi, 'Irama Laot Teduh' akan punya sekuel lanjutan yang masuk dalam series 'Kumpulan Lagu Cinta #1'. Lagu ini menjadi lagu pembuka untuk sesi pertama, dan nantinya bakal ada dua lagu lainnya dengan tema cinta. Series 'Kumpulan Lagu Cinta' dijalankan berbarengan dengan proyek album ataupun single lainnya dengan tema lagu yang lebih luas. Jadi, selain merilis karya reguler dalam bentuk album atau single, Sal Priadi seperti punya daftar putar sendiri untuk lagu-lagunya yang bertema cinta.

Saat ini, ‘Irama Laot Teduh’ sudah bisa didengarkan di berbagai platform musik digital. Bagaimana pendapatmu tentang single baru Sal Priadi ini?

Foto: Dok. Sal Priadi/Artwork By Saleh Husein


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler