Refleksi Setengah Tahun dalam Single Baru Hindia

Bandung - Hindia baru saja merilis single 'Setengah Tahun Ini'. Dalam keterangan rilisnya, ia menyebut single ini merupakan penutup untuk perjalanan album 'Menari Dengan Bayangan'.

Sesuai dengan judulnya, 'Setengah Tahun Ini' bercerita tentang manifestasi diri seorang Baskara Putra selama satu semester 2020. Dalam lagu ini, Baskara seolah mengajak pendengarnya untuk mengunjungi kembali beberapa catatan kejadian besar tanah air mulai dari terpaan pandemi korona sampai rasa kehilangan besar mendiang Glenn Fredly.

Semua kejadian lingkup sosial tersebut dipadankan dengan catatan kejadian besar milik Baskara pribadi, yakni dirundungnya ia di dunia maya akibat sebuah video pernyataan dirinya yang menjadi viral di YouTube dan media sosial.

"Awalnya, lagu ini ditulis sebagai sebuah karya responsif dalam melihat kejadian besar yang berlangsung selama setengah tahun 2020," jelas Baskara dalam keterangan resminya.

Secara musikal, lagu ini seolah mencoba keluar dari gaya musik di album 'Menari Dengan Bayangan'. Musik dasarnya bila tak dipoles oleh bebunyian lain bahkan serupa dengan gaya musik pop-folk balada. Baskara juga menuturkan, dalam lagu ini, ia menerapkan progresi akor dan aransemen musik yang belum pernah ia terapkan pada karya-karya sebelumnya. Selain itu, terdapat pula latar vokal yang diisi oleh suara Rayhan Noor, Wisnu Ikhsantama Wicaksana, dan Kunto Aji.



Baca Ini Juga Yuk: Dippydoo Mengemas Patah Hati dengan Ceria dalam Single Terbarunya

Kekuatan lirik masih jadi senjata Hindia pada single ini. Sajian lirik yang tegas, bahkan eksplisit bisa kamu dengarkan sepanjang lagu. Rasanya, tak cuma refleksi satu semester saja, lirik lagu 'Setengah Tahun Ini' juga bisa jadi ungkapan kegelisahan menyeluruh dalam menyikapi satu semester di 2020 ini.

"Lagu ini kemudian malah merangkum apa yang saya rasakan secara sosial dan pribadi selama enam bulan ke belakang. Dalam proses penulisan, akhirnya diputuskan bahwa 'Setengah Tahun Ini' menjadi lagu untuk menutup era 'Menari Dengan Bayangan'. Ini merupakan alasan mengapa banyak lirik dalam lagu ini seolah mengutip lirik-lirik lain dari album Menari Dengan Bayangan," jelasnya.

Sebagai pamungkas, Baskara menyebut penuturan kisah di lagu 'Setengah Tahun Ini' menjadi sebuah cerminan perubahan diri untuk menghadapi periode selanjutnya. Secara bersamaan, lagu ini mengisyaratkan pula satu perubahan yang jelas sudah dalam genggaman. Ya, pendengar akan segera memasuki fase bermusik selanjutnya dari Hindia.

TemanBaik, sekarang single 'Setengah Tahun Ini' telah tersedia di berbagai platform digital. Bagaimana pendapatmu tentang lagu ini?

Foto: dok. Hindia

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler