Begini Cara Merawat Koleksi Rilisan Fisik

Bandung - TemanBaik, mengarsipkan rilisan fisik tentu punya tantangan tersendiri dalam perawatannya. Lalu, apa saja sih yang bisa kita lakukan dalam merawat rilisan fisik dari band atau musisi kesayangan kita?

Mufti Priyanka punya kiat-kiat perawatan rilisan fisik yang bisa kamu lakukan di rumah. Ya, seniman dengan nama beken Amenkcoy ini juga punya lebih dari seribu koleksi rilisan fisik di rumahnya. Lalu, seperti apa tips perawatan rilisan fisik ala Amenk? Yuk kita simak!

Cara Penyimpanan
Menurut Amenk, penyimpanan rilisan fisik ini jadi faktor penting agar rilisan fisikmu tak mudah rusak. Penyimanan yang dimaksud meliputi suhu udara di sekitar rilisan fisik, dan juga kelembapannya. Pasalnya, menyimpan rilisan fisik di tempat dengan sirkulasi udaranya buruk akan membuat rilisan fisik jadi cepat rusak.

"Kalau bisa sih simpan di tempat yang sirkulasi udaranya bagus. Jangan terlalu lembap, jangan juga terlalu kering," ujar Amenk.

Rutin Mengecek
Selain itu, kamu juga harus rutin mengecek keberadaan rilisan fisik koleksimu. Amenk menyarankan, kamu juga perlu membersihkan komponen pada rilisan fisikmu bila terdapat debu atau jamur. Untuk rilisan fisik berbentuk kaset pita, kamu bisa melepaskan kaset pita dari wadah (casing) dan menyemprotkan cairan pembersih pada bagian pinggir pita kasetnya. Setelah itu, kamu bisa menerapkan kapas pada bagian pinggir tersebut sehingga debu-debu yang menempel pada pita kasetmu akan diserap oleh kapas.

"Penting juga untuk kita nih. Kita harus tau dulu jenis-jenis pita pada rilisan fisik. Sebab ada beberapa rilisan fisik (kaset pita) yang emang (jenis pitanya) punya ketahanan lebih baik," terang Amenk.

Baca Ini Juga Yuk: Ajakan Menikmati Hidup dalam Single Baru Manusia Kertas

Perhatikan Perangkat Pemutar
Hal yang tak kalah penting adalah memperhatikan perangkat pemutar rilisan fisik seperti tape deck, pemutar CD atau gramafon. Amenk menyebut, jangan sampai ada debu pada perangkat ini. Percuma saja kalau rilisan fisikmu sudah bersih, namun pemutarnya kotor. Hal ini tentu akan membuat rilisan fisikmu berpotensi terpapar debu dari pemutarnya.

Lebih lanjut mengenai hobi Amenk dalam mengoleksi rilisan fisik, ia mengaku mulai kembali mengoleksi rilisan fisik sejak tahun 2014. Meski sebelumnya ia juga mengoleksi rilisan fisik sejak masih SMP. Saat itu, ia tertarik dengan tagar #jajanrock yang bertebaran di akun Instagram.

"Kaset pertama saya itu Nirvana yang album Nevermind, tahun 1991. Hadiah masuk SMP Negeri," kenangnya.

Ia mengaku dalam mengoleksi rilisan fisik, ada semacam nilai autentik, yang mana ia menganalogikan pertemuannya dengan rilisan fisik musik sama dengan pertemuan fisik dengan seseorang. Menurutnya, dari rilisan fisik itu pula, kita bisa mengulik lebih jauh mengenai sang musisi. Mulai dari lingkungan terdekat musisi tersebut, hingga siapa saja yang terlibat dalam pembuatan karya musik tersebut. Selain itu, mengoleksi rilisan fisik dianggapnya sebagai romansa, karena masa remaja Amenk dihabiskan di dekade 90-an yang notabene identik dengan kaset pita.

Amenk juga bercita-cita suatu hari nanti ia bisa membuat sebuah forum atau perkumpulan, yang mana dalam forum tersebut ia mengumpulkan rilisan fisik dalam satu wadah. Wah, menarik juga nih! Siapa yang tertarik untuk bergabung?

TemanBaik, adakah diantara kamu yang memiliki hobi mengoleksi rilisan fisik? Coba sebutkan, koleksi rilisan fisik favoritmu!

Foto: Rayhadi Shadiq/beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler