'Dam Dam Pop!', Kolaborasi Harlan Boer dan bangkutaman

Jakarta - TemanBaik, sebuah unit pop alternatif baru saja lahir. Buah dari kolaborasi dua entitas, yaitu bangkutaman dan singer-songwriter Harlan Boer bernama Dam Dam Pop!.

Debut album yang juga diberi nama dari kolaborasi mereka, 'Dam Dam Pop!' kini sudah diedarkan dalam bentuk digital. Sebelumnya, album ini telah dirilis dalam bentuk fisik melalui Paviliun Records.

Menyuguhkan musik pop alternatif, album ini berisi 7 lagu, antara lain, 'Dam Dam Pop!', 'Permen Kapas', 'Terdampar di Ring Tinju', 'Seolah Prosa', 'Damai Sudah Biasa', 'C60', dan 'Magazine'. Lagu 'Dam Dam Pop!' sendiri didapuk jadi single pertama untuk album ini.

Album ini seolah mengembalikan ingatan kita pada nuansa musik awal dekade 2000-an. Pemilihan karakter sound yang lebih vintage, khususnya di beberapa instrumen boleh jadi salah satu pembangkit memori pendengar akan musik-musik era 20 tahun silam tersebut. Belum lagi tabuhan drum dengan pola sederhana, dan juga pemilihan progres akor yang identik dengan musik-musik pop alternatif era 90-an.

Baca Ini Juga Yuk: Yellow Claw Kolaborasi dengan Weird Genius di Lagu 'Hush'

Nuansa vintage tersebut boleh jadi lahir karena metode perekaman lagu pada album ini dilakukan dengan metode live. Ya, dalam keterangan resmi yang diterima oleh Beritabaik.id, mereka menyebut kalau album ini direkam live di studio Palm House dengan melibatkan Pandji Dharma. Di sisi lain, karya ​Dam Dam Pop! ​itu sendiri terpengaruh kuat antara musik-musik pop dari akhir 70-an sampai pertengahan 90-an. Secaa spesifik, mereka menyebutnya 'dari 76 ke 96'.

Mereka juga menceritakan kalau proyek musik ini tercetus sejak gelaran Cassete Store Day 2019. Proyek musik ini pertama kali digagas oleh Harlan Boer, yang ingin membuat project khusus untuk gelaran tahunan internasional tersebut. Lalu kemudian Harlan mengajak bangkutaman untuk terlibat dalam proyek musik ini.

Setelah itu, bangkutaman kemudian menanggapi ide tersebut, lalu mereka mengadakan sesi latihan. Dari sesi latihan tersebut, terciptalah karya-karya musik baru hasil kolaborasi mereka berdua. Puncaknya, ada enam lagu yang berhasil direkam kemudian dikemas dalam format kaset mini album, diedarkan di ajang Cassette Store Day.

Sebagai informasi, bangkutaman terakhir kali merilis album penuh pada 2010 saat menelurkan album 'Ode Buat Kota'. Selebihnya, mereka merilis karya dalam format single saja. Sementara itu Harlan Boer masih hangat dengan album ganda 'Fidelitas Cinta' yang belum lama ini dirilisnya.

TemanBaik, ada yang sudah dengar kolaborasi mereka dalam format Dam Dam Pop! belum? Nah, dari ketujuh lagu di album ini, mana yang jadi favoritmu?

Foto: dok. Dam Dam Pop!/SRM Bookings and Services


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler