Perkenalan Utuh Ify Alyssa Lewat Album Barunya

Jakarta - Penyanyi dan penulis lagu Ify Alyssa belum lama ini merilis album bertajuk 'Pelita Lara'. Album ini disebut sebagai perkenalan utuhnya dengan industri musik Tanah Air.

Dalam 11 lagu di album penuh ini, Ify menunjukkan bakat dan potensinya dengan bertindak sebagai seorang penyanyi, penulis, komposer, dan pianis. Kesebelas lagu tersebut antara lain, 'Kabar Baik', 'Far Away', 'Bermain Hujan', 'Wind', 'Seirama', 'Paper Kites', 'Dua Insan' featuring Adhitia Sofyan), 'Sisa Hari', 'Gitar' featuring Gerald Situmorang, 'What About Us', dan 'Pelita Lara'.

Proses menuju album bukan waktu yang singkat. Kurang lebih tiga tahun persiapan sekaligus menjadi proses pendewasaan jati diri Ify di bidang musik. Semua yang ada di album ini merupakan penerapan ilmu, teori, dan pengalaman selama Ify berkarya di industri ini. Proses penggarapan album ini membuat dirinya percaya, bahwa sukses adalah bukan proses yang instan, sukses ada dalam proses itu sendiri.

"Semua mengalir begitu saja, seperti ide-ideku yang mengalir. Aku berharap lagu- laguku ini menjadi pelita bagi semua lara dan memberi ketenangan. Nah, dari hati yang tenang, seseorang bisa bangkit, berpikir positif dan bahagia. Apalagi sekarang kita ada dalam suasana yang penuh kekhawatiran, kita harus sehat secara fisik dan mental," ujar Ify dalam keterangan resminya.



Baca Ini Juga Yuk: 'Aparat', Kritik Tashoora pada Kasus Salah Tangkap di Indonesia

Secara musikal, album ini mengusung warna musik pop dengan sentuhan jaz. Beberapa lagunya sarat akan unsur piano dan gitar akustik. Lirik dalam album ini juga terkesan romantis. Adapun beberapa lagu bernuansa sendu seperti 'Gitar' dan 'Dua Insan' tersampaikan dalam balutan musik dan lirik yang pas.

Dalam proses menyiapkan album di masa pandemi, justru membuat Ify fokus, tidak bosan di rumah, jauh dari stress, lebih banyak bersyukur dan terpacu untuk lebih kreatif. Meeting dan kolaborasi virtual pun juga dilakukan, termasuk dengan Gerald Situmorang, yang berperan sebagai produser dalam album ini.

Mengenai album ini, Gerald sebagai produser menyebut penggarapan album di tengah pandemi menjadi tantangan sendiri. Sebab banyak proses komunikasi dan penggarapan yang dilakukan secara virtual.

"Untungnya Ify adalah tipe musisi yang sejak kirim demo, sudah punya visi jelas dan detail orangnya," ungkap Gerald.

Sebagai pengingat, Ify sebelumnya telah merilis 5 single antara lain, 'Gitar' (2017), 'Seirama' (2018), 'Sisa Hari' dan 'Dua Insan' bersama Adhitia Sofyan (2019), serta terakhir 'What About Us' (2020). Kabarnya, album 'Pelita Lara' juga hadir dalam format bentuk CD Album & Boxset. Dua rilisan fisik ini telah ludes 10 menit sejak penjualannya.

TemanBaik, kalau kamu tidak kebagian boxset atau CD album ini, tenang, sebab album 'Pelita Lara' juga bisa kamu dengarkan di berbagai platform digital.

Foto: dok. Ify Alyssa


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler