Puti Chitara Rayakan Satu Dekade Berkarya Lewat EP Barunya

Bandung - Solois Puti Chitara belum lama ini meluncurkan mini album berjudul ‘Reminisce’. Mini album ini seolah membawa kembali Puti ke masa awal berkarya sebagai musisi.

Melalui keterangan resminya, penyanyi yang juga vokalis dari grup musik Barasuara ini menyebut kalau mini album yang baru dirilisnya ini merupakan peringatan 10 tahun perjalanan kariernya dalam bermusik. Seluruh materi lagu yang ada di album ini bukanlah materi baru, melainkan materi lagu yang ditulis Puti di masa awal memutuskan untuk menjadi musisi, di masa ketika memproduksi musik sendirian di kamar, dengan alat-alat yang terbatas dan juga pengetahuan tentang serba-serbi rekaman independen yang minim.

Bahkan sebelumnya, mini album ini sempat diunggahnya ke platform Soundcloud. Awalnya hanya berniat mengarsipkan, namun setelah satu dekade, rupanya ada beberapa hal yang menyadarkan Puti kalau mini album ini perlu dirilis secara resmi agar bisa memicu semangat berkarya agar album ketiganya bisa segera rampung.

“Karena sudah 1 dekade, gue mencoba mengembalikan semangat berkarya masa itu dengan merilis lagu-lagu yang ditulis 10 tahun lalu, (daripada cuma disimpan dan terlupakan). Semoga ‘Reminisce’ ini bisa menjadi pemicu untuk berkarya lebih baik, dan juga bisa segera menyelesaikan album ketiga,” ujarnya.

Dalam mini album ini, Puti menghadirkan sisi lain dari apa yang biasa kita lihat saat ia bermusik dengan Barasuara. Nuansa di mini album ini seolah lebih gelap, namun sederhana dan begitu kontemplatif. Empat dari enam lagu di dalamnya, ‘Scent of You’, ‘Never Be Enough’, ‘Do You Miss Me Tonight?’, dan ‘Love Life’ punya nuansa musik yang tidak berbeda jauh.

Sementara nuansa berbeda tersaji pada lagu ‘Unreachable’, yang lebih menekankan pendekatan gaya iringan musik swing dengan irama yang kental rasa shuffle-nya. Adapun lagu ‘Sleepless Lullaby’ seolah jadi lagu pengantar tidur yang manis.

Sebagai informasi tambahan, seluruh materi dari mini album ini ditulis, dibawakan dan diproduseri oleh Puti Chitara sendiri dengan dibantu oleh Rio Ndul dalam proses penyuntingan dan Dimas Martokoesoemo dari ALS Sudio, Jakarta untuk olah suara dari proses mixing dan masteringnya. Sementara itu, sampul (artwork) mini album ini dikerjakan oleh Pia Alit dan Prisma Maulana.

TemanBaik, saat ini mini album ‘Reminisce’ sudah bisa kamu dengarkan di berbagai layanan pemutar musik digital. Selamat mendengarkan dan selamat berlibur panjang!


Foto: Dok. Puti Chitara

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler