Pencarian Jati Diri Rahmania Astrini dalam 'Adolescent'

Bandung - Rahmania Astrini, solois muda yang besar di kota Bandung ini baru saja merilis sebuah debut EP yang bertajuk 'Adolescent'. Rahmania Astrini yang akrab disapa Astri ini merilis 6 buah lagu berbahasa Inggris dalam EP-nya. EP ini telah dirilis sejak 12 Februari 2021 di bawah naungan Warner Music Indonesia.

Astri cukup banyak bercerita tentang keluh kesah dirinya pada EP ini. Penyanyi muda kelahiran 2001 ini sedang dalam proses pendewasaan diri, selama proses tersebut akhirnya ia curahkan dalam EP ini. Hal ini diceritakan Astri pada sesi konferensi pers daring yang diadakan pada Rabu, (17/2).

Astri menceritakan bagaimana pemilihan 'Adolescent' sebagai judul dari debut EP-nya ini. Astri menemukan sebuah buku psikologi milik ayahnya yang berjudul 'Adolescent' itu sendiriyang artinya masa pencarian jati diri.

"Jadi, papaku kan dosen psikologi, dan dia nyimpen banyak buku-buku tentang psikologi pastinya, dan salah satu bukunya itu judulnya ‘Adolescent’, dimana aku kaya, itu kata yang menarik kata itu familiar buat aku, sehingga aku carilah arti dari kata itu apa sebenarnya, dan ternyata arti dari kata itu adalah masa pencarian jati diri," ungkap Astri.

Astri merasa selama ini ia berkarya mulai dari menulis lagu hingga bernyanyi merupakan proses pencarian jati diri oleh dirinya sendiri. Masa-masa kehidupan yang ia lewatkan mulai dari patah hati, jatuh cinta, dunia pendidikan, hingga berbagai macam hal tersebut bagi Astri adalah bagian dari masa 'Adolescent' dirinya pribadi.



Baca Ini Juga Yuk: Kaveh Kanes Rilis Debut EP Mereka dalam Format Digital

Sebelumnya lagu-lagu Astri berlirik bahasa Indonesia, tapi dalam EP ini lagu-lagunya menggunakan sepenuhnya bahasa Inggris. Tidak tanggung-tanggung, Astri juga berkolaborasi dengan penyanyi lainnya yaitu Monica Karina dalam single 'Pretty Like You' dan juga berkolaborasi dengan duo asal Filipina, Leanne & Naara dalam single 'Baby'.

Proses pembuatan EP perdana Astri ini semuanya terjadi di masa pandemi. Di mana hampir seluruh proses pengerjaan harus dikerjakan secara daring. Meski melewati banyak tantangan dalam proses pembuatannya, EP ini merupakan karya yang patut didengarkan oleh TemanBaik.

"Karena ini EP perdana aku, jadi seluruh proses pembuatan EP ini aku inget semua detailnya, karena kaya pertama kita mulai ngegarap album ini kan pada masa pandemi, yang semuanya pada saat itu awal pandemi banget masih PSBB, orang belum boleh keluar, jadi semua terpaksa dilakukan secara virtual dan daring," tutur Astri.

Dalam EP ini terdapat 6 buah lagu, dan masing-masing punya cerita yang ingin disampaikan oleh Rahmania Astrini. Pertama ada lagu 'Baby' sebagai lagu bertempo rendah dengan dentingan piano yang menenangkan hati. Kedua ada lagu 'Take Me Home' yang lebih pop dibanding lagu sebelumnya,  suara Astri sangat merdu di lagu ini. Ketiga ada lagu 'Pretty Like You' yang liriknya punya arti personal bagi Astri, dan musiknya yang lebih nge­-beat dibanding lagu lainnya.

Keempat ada lagu 'Runaway' yang merupakan lagu yang bercerita tentang dilema, lagu ini menceritakan Astri secara lebih personal di masa pencarian jati diri tadi. Kelima ada 'Shush' yang merupakan kolaborasi Astri dengan Toby Gad, penulis lagu legendaris di kancah musik dunia. Keenam ada 'Finally Found You' yang merupakan karya Astri secara mandiri, dan bentuk ungkapan perasaan tentang seseorang yang punya tempat spesial di hatinya.

Keenam lagu dari EP 'Adolescent' ini sangat cocok didengarkan TemanBaik ketika sedang bekerja di depan laptop, maupun sedang santai-santai di rumah. Baik liriknya maupun musiknya mudah dicerna dan punya tempo yang bisa menghanyutkan TemanBaik agar lebih tenang. EP 'Adolescent' dari Rahmania Astrini sudah dapat didengarkan di berbagai platform musik digital. Selamat mendengarkan dan meresapi karya terbaru dari Rahmania Astrini ya, TemanBaik!

Foto: Dok. Rahmania Astrini

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler