Sajian Intim Stars and Rabbit dalam 'Attic No. 7' Versi Live

Jakarta - Stars and Rabbit baru saja merilis video musik pertunjukan langsung (live) mereka berjudul 'Attic No. 7 (Live in Jakarta)'. Video musik ini menampilkan kesederhanaan namun dibalut menjadi karya visual yang luar biasa.

Dalam video ini, duet Elda Suryani (Vokal) dan Didit Saad (Gitar) nampil membawakan lagu ini secara langsung dengan sudut pandang kamera mengikuti mereka mengelilingi ruangan. Ruang tamu kantor manajemen mereka di Jakarta Selatan menjadi lokasi pengambilan gambar. Lokasi ini merupakan tempat mereka merekam materi album kedua mereka, 'Rainbow Aisle' yang di dalamnya terdapat versi studio untuk lagu 'Attic No.7'.

Secara musikal, terdapat perbedaan yang cukup mencolok dari versi studio dan versi pertunjukan langsung pada lagu ini. Dengan backing track yang diproduksi oleh Didit, versi baru 'Attic No.7' menampilkan vokal Elda dan permainan gitar Didit yang memukau. Beberapa momentum saling sapa antara vokal dan melodi gitar terdengar dan terlihat begitu mengesankan. Permainan Didit Saad dalam tubuh Stars and Rabbit boleh jadi pembawa nuansa baru.

"Lagu ini merupakan salah satu lagu yang diciptakan secara spontan. Sangat bebas, kami bisa melakukan apa pun dalam lagu ini," ujar Elda, terkait material dalam lagu tersebut.

Baca Ini Juga Yuk: 'Stri Nareswari', Cerita Perempuan Masa Lampau Sun Grass Roots

Pengambilan gambar sebenarnya sudah dilakukan pada bulan Juli 2020 ketika seluruh dunia yang masih menyesuaikan diri dengan kondisi pandemi. Proses pengambilan gambar hanya melibatkan sutradara Riva Pratama dan sinematografer Triaji Jati yang merekam penampilan mereka mengelilingi ruang tamu.

Dari segi visual, video ini mengambil konsep satu kali ambil gambar alias one take shoot. Begitupula pada konsep perekaman audionya, terkecuali pada sesi backing track. Mereka mengambul gambar pada larut malam dengan harapan pengambilan gambar setenang mungkin.

Ya, risiko dari konsep pengambilan gambar ini antara lain mereka harus merekam ulang kembali saat terganggu oleh kebisingan suara knalpot sepeda motor yang sering melintas secara acak dan terekam suaranya, bahkan jika melintas pada bagian akhir lagu. Setelah beberapa kali pengambilan gambar dalam beberapa jam, Stars and Rabbit akhirnya mencapai hasil yang diinginkan.

"Kami selalu ingin merekam video single-shot live dengan instrumen paling sederhana dan di tempat paling intim di mana kami menciptakan musik," kata Elda mengenai video tersebut.

Meskipun kesederhanaannya sangat kontras dibandingkan dengan video lain Stars and Rabbit yang sebelumnya dikenal dengan penuh warna dan makna, 'Attic No.7 (Live in Jakarta)' adalah pencapaian yang mengesankan dari pertunjukan, koreografi, dan sinematografi. Video ini mendapatkan penghargaan dengan terpilih sebagai Official Selection di Bogota Music Video Festival 2020 dan memenangkan Spotlight Award di California Music Video Awards 2021. Wah, selamat ya!

TemanBaik, kamu sudah bisa menonton versi pertunjukan langsung (live) lagu 'Attic No. 7' dari Stars and Rabbit di kanal YouTube mereka. Lagunya sudah bisa kamu dengarkan di berbagai layanan pemutar musik digital. Selamat menyambut akhir pekan!

Foto: Dok. Stars and Rabbit/photo by. Triaji Jati

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler