'Belum Padam', Lanjutan Perjalanan The Brandals Menuju Album Baru

Jakarta - Kabar gembira datang dari The Brandals. Ya, mereka baru saja merilis single berjudul 'Belum  Padam'. Kabarnya, lagu ini terangkum dalam album baru yang rencananya akan dirilis tahun ini.

Melalui keterangan resminya, grup yang kini beranggotakan Eka Annash (vokal), Radit Syaharzam (bass), PM Mulyadi (gitar) dan Firman Zaenudin (drum) menyebut kalau  narasi lagu ini bertemakan proses penuaan fisik yang tidak terhindarkan terjadi pada diri personel band. Namun, walaupun dibalut kondisi deteriorasi tubuh perlahan, semangat personil untuk terus menggebu lewat musik enggak berkurang intensitasnya. Bahkan terus membakar lebih membara dari album-album sebelumnya.

"Kehilangan satu personil tidak membuat momentum kami berhenti. The Brandals  tetap melaju bersama," tulis The Brandals dalam keterangan resminya.

Sebagai  informasi, saat ini mereka tidak diperkuat oleh Tony Dwisetiaji yang mengundurkan diri ditengah proses produksi bulan Desember 2020 lalu untuk meneruskan berbagai proyek musik pribadinya.

Secara musikal, 'Belum Padam' seolah masih meneruskan semangat "back-to-basic" mereka, yang mana secara konsep dan teknis menampilkan 5 personil memainkan musik rock n roll dengan nuansa punk rock tanpa kompromi. Mereka mengakui ini merupakan hal yang sudah menjadi modus operandi band sejak awal. Pada karya ini, mereka enggak hanya mengulang formula lama, ada elemen baru yang membuat materi tetap terdengar baru dan bersemangat.



Baca Ini Juga Yuk: Eksperimentasi Rock dalam Single Kedua The Melting Minds

Dibuka oleh cabikan gitar PM Mulyadi yang dibuat seolah "berdahak", kita seperti dibawa kembali pada masa-masa keemasan kolektif musik rock n roll dekade 2000-an. Teriakan vokal Eka Anash juga seolah membakar semangat pada lagu ini, ditambah tabuhan drum yang terdengar begitu tegas.

Lagu ini juga tersedia dalam format video klip, yang mana pada proses kreatifnya mereka bekerja sama dengan sutradara muda lokal bernama Alan Soebakir dibawah kolektif Sinema Pinggiran. Video klip 'Belum Padam' menyoroti kehidupan para pekerja  pelabuhan di daerah Tanjung Pinang, Riau. Mereka mempunyai komunitas tarung bebas (Fight Club) yang hampir rutin dilakukan setiap akhir minggu untuk menyalurkan hobi dan mencari penghasilan tambahan.

Sekelumit potret masyarakat kelas pekerja Indonesia yang terus berjuang di bawah himpitan keterbatasan  terasa dekat relevansinya dengan konteks lirik lagu ini.

TemanBaik, saat ini lagu ‘Belum Padam’ sudah bisa kamu dengarkan di berbagai layanan pemutar musik digital. Jangan padamkan semangatmu begitu saja ya!

Foto: Dok. The Brandals

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler