Nuansa Baru dan Sisi Lain Nadya Fatira dalam Mini Album Barunya

Jakarta - Musisi dan penulis lagu, Nadya Fatira baru saja merilis mini album bertajuk 'The Other Side'. Dalam album ini, Nadya coba mengungkap sisi lain dirinya lewat tema lagu yang dibawakan.

Mini album ini menghadirkan lagu 'Come Walk With Me' sebagai single pertama. Kabar gembira juga untuk kamu yang sudah mengikuti musik Nadya sejak lama. Sebab empat lagu Nadya yang pernah ditulis dan dibawakannya manggung dalam kurun waktu 2012 hingga 2020 namun belum dirilis secara digital, kini hadir mendampingi 'Come Walk With Me'.

Keempat lagu tersebut antara lain 'Lekas Pulang' dan 'Bintang yang Meredup' (OST. Radio Galau Fm), serta 'Kata Hati' dan 'Bila' (soundtrack film Kata Hati). Dalam jumpa pers yang diselenggarakan daring, Nadya mengaku 'Come Walk With Me' sebagai pelengkap mini album ini bertema romansa atau cinta yang ditulis sebagai pendamping keempat lagu sebelumnya yang bertema cinta. Menariknya, tema romansa atau cinta itu sendiri merupakan sisi lain yang coba ditawarkan Nadya.

Musisi yang dulunya sempat aktif bersama grup Inspirational Joni ini memang dikenal sebagai penulis lagu untuk beberapa penyanyi, sekaligus sebagai solois. Ia membagi peran saat menulis lagu untuk dirinya atau musisi lain. Saat menulis untuk musisi lain, tema lagunya hampir pasti berbicara soal romansa. Namun hal itu tidak terjadi saat ia menulis dan menyanyikan lagu untuk diri sendiri.

"Gua banyak ngomongin soal keluarga, persaudaraan, atau mungkin kehidupan secara umum," terangnya dalam jumpa pers.

Misalnya di album 'Pisces' yang dirilisnya pada Februari 2020 silam, nyaris seluruh materi lagunya bertema besar kehidupan dan hubungan persaudaraan. Oh ya, mini album 'The Other Side' yang rilis di bawah naungan Universal Music Studio ini juga disebut sebagai buah perenungan dan pekerjaannya selama setahun lebih 'mendekam' di rumah akibat pandemi virus korona. Pasalnya, album 'Pisces' itu sendiri dirilis tepat saat virus korona dinyatakan masuk ke Indonesia. Alhasil, belum ada promosi lebih serius untuk mengolah album tersebut.



Baca Ini Juga Yuk: Pemanasan Rasvan Kikoo Menuju Album Lewat 'Can We Talk?'

Kembali ke mini album terbaru Nadya. Musisi kelahiran 1986 ini secara musikal menampilkan sesuatu yang cukup kontras jika dibandingkan fase awal ia bermusik. Jika biasanya Nadya identik dengan gitar akustik dan bebunyian suara minimalis dan organik, pada mini album 'The Other Side', Nadya lebih menonjolkan musik elektronik dan beberapa isian bunyi yang lebih eksploratif.

Hal itu terasa menohok pada lagu 'Come Walk With Me'. Meski dibuka dengan bebunyian Guitalele, namun unsur bebunyian non organik kini lebih mendominasi musik Nadya.

Perlakuan (treatment) yang sama juga dilakukan Nadya pada keempat lagu yang telah dirilisnya. 'Lekas Pulang', 'Bintang yang Meredup', 'Kata Hati', dan 'Bila' dipolesnya menjadi lagu dengan sentuhan yang lebih elektronik. Dominasi gitar akustik pada keempat lagu ini tidak lagi se-menohok versi awalnya. 

"Ada perubahan atau pergeseran apa yang gua denger belakangan ini, dan itu pasti ngaruh banget sama apa yang gua sajikan. Tapi intinya gua nyaman sama musik gua yang sekarang. Gua bisa lebih 'bertanggung jawab' saat membawakannya secara live nanti," terang Nadya.

Di luar referensi dan pendewasaan bermusiknya, Nadya juga menyebut keempat lagu yang akhirnya dirilis secara resmi meski dalam versi berbeda ini dulunya tidak mendapatkan treatment sebagai single musik, karena kebutuhan lagunya hanya digunakan sebagai pelengkap untuk dua film yang saat itu dirilis (Radio Galau Fm dan Kata Hati). Kendati boleh jadi tak semua pendengar menyukai versi baru dari keempat lagu ini, akan tetapi lagu ini punya orisinalitas penuh atas nama Nadya, karena enggak lagi dikaitkan dengan kebutuhan produksi suara untuk film.

Proses kreatif pembuatan mini album 'The Other Side' hampir seluruhnya dikerjakan Nadya sendiri di rumahnya. Ia memang melibatkan beberapa teman musisinya untuk turut andil, namun, peran itu boleh jadi tak sebesar saat proses kreatifnya di karya-karya sebelumnya. Dimulai pada Desember 2020, praktis, hanya perlu enam bulan bagi Nadya merampungkan mini album ini.

Sebagai pelengkap rilisnya mini album ini, 'Come Walk With Me' yang menjadi single utama juga telah hadir dalam format video klip yang bisa kamu saksikan di YouTube. Sedangkan seluruh materi mini album ini sudah bisa kamu dengarkan di berbagai layanan pemutar musik digital. Semoga senantiasa menemani hari-harimu, ya!

Foto: Dok. Nadya Fatira

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler