Riuhnya Digitalisasi dalam Single The Melting Minds

Bandung - The Melting Minds baru saja melepas single bertajuk 'Digitized'. Ini merupakan single keempat mereka yang rilis di bawah naungan label independen Boneless Records.

Lewat keterangan resminya, mereka menyebut 'Digitized' sebagai sarkasme dari manusia yang telah kehilangan entitasnya. Melihat dunia melalui layar ponsel atau komputer, kita yang berada di realitas dunia digital ini menyambut satu sama lain dengan kebanggaan bahwa dunia tempat kita hidup merupakan tempat yang paling hebat, padahal kosong, tak menentu, dan tak berarti.

Dalam pandangan mereka, perkembangan teknologi di sisi lain menggerus hakikat manusia yang utama yaitu sebagai makhluk sosial. Intensitas interaksi secara langsung perlahan mulai tergantikan melalui layar ponsel masing-masing.

"Kemajuan teknologi yang kita bangga-banggakan ini telah menghancurkan kaidah-kaidah kemanusiaan," tulis mereka.



Baca Ini Juga Yuk: Raungan Gitar Danudjaditya dalam Single ‘Buyar Seketika’

Secara musikal, The Melting Minds coba menyuguhkan pendekatan psikedelik rock dengan nuansa futuristik yang absurd. Desain suara vintage juga dipilih oleh mereka. Setelan vokal yang dibuat berlapis-lapis seolah mengingatkan kita pada musik psikedelik di akhir dekade 60-an.

Harmoni vokal tersebut diklaim mereka sebagai interpretasi dari sudut pandang manusia yang memperkenalkan dunia digitalnya secara indah, kendati sebenarnya ia hancur berantakan. Dalam musik, mereka mengemas kehancuran itu  dengan nuansa bebunyian acak di akhir lagu.

Kabarnya, 'Digitized' merupakan salah satu jembatan menuju perilisan album mereka pada akhir tahun 2021 ini. Patut kita tunggu nih perilisan album mereka!

TemanBaik, saat ini 'Digitized' sudah bisa kamu dengarkan di berbagai layanan pemutar musik digital. Selamat mengapresiasi!

Foto: Dok. The Melting Minds

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler