SEL Bangkitkan Memori Musik Industrial 90-an Lewat 'Relikui'

Bandung - Ada kabar gembira dari band industrial asal Bandung, SEL. Mereka baru saja merilis mini album 'Relikui' berisi materi demo album mereka yang direkam pada akhir 1990-an.

Sebagai pengingat, SEL adalah salah satu pionir band industrial di skena musik lokal Bandung. Dibentuk pada 1996, mereka sempat bikin album 'Suara Sunyi' yang rilis tiga tahun kemudian. Sayangnya, perjalanan mendiang Ademus (vokal), Riza (synth), Makki (bas) dan Radom (gitar) seolah terhenti begitu saja.

Lewat keterangan resmi perilisan EP Relikui, mereka juga mengenang proses kreatif pembuatan tiap karya. Ketika itu, bisa dibilang SEL menjadi salah satu band lokal yang pertama kali merespons musik industrial.

Setelah terbentuk, mereka merilis demo EP berisi empat lagu yang direkam mandiri dan dibantu lingkaran pertemanan. SEL merekamnya di kamar Makki dengan meminjam Tascam 4 Track milik Ajo (Puppen, Cherry Bombshell, Silverglaze).

Baca Ini Juga Yuk: ‘Funfair’, Mini Album dan Kado Ultah Mocca ke-22

Butuh sebulan rekaman bagi SEL untuk membuat demo EP tersebut. SEL bereksperimen sound untuk drum, gitar, keyboard, vokal, sampai sampel. Mereka mencari sampel unik, mulai dari audio laser disc, suara api unggun, hingga merekam suara langsung di lokasi terminal.

"Kaset demo SEL dicetak 100 keping. Kami sablon sleeve kaset sendiri, duplikasi kaset sendiri, plus ngelipetin cover kaset sendiri,” kata Makki, mengenang masa pembuatan lagu-lagu ini.

Layaknya band-band indie ketika itu, mereka begerilya mendistribusikan demo album yang kala itu masih berbentuk kaset. Mereka sempat mendistribusi kaset demo di toko milik Ricard Mutter. Riza mengenang, dari 100 kaset, 50 keping dijual, 50 keping dibagikan gratis. Mereka juga sampai harus menyatroni setiap terminal agar menemukan pendengar yang diincarnya.

”Kami bawa kaset di tas, naik angkot dari ujung ke ujung, sambil nungguin yang naik angkot dandanan metal atau punk (untuk ditawari demo album tersebut)," tambah Riza.

Baca Ini Juga Yuk: Gebrakan Musikal Revolt of Sand dalam Album Barunya

Dalam mini album 'Relikui', ada enam lagu yang bisa kamu dengarkan, di antaranya 'Dream (Intro)', 'Galau', 'Liar Terbakar', dan 'Diam Terpaku'. Nah, lagu 'Liar Terbakar' dalam rilisan ini hadir dalam tiga versi, yakni Original, Pudar dan OriginMix. Lagu yang didaulat jadi single pertama ini direkam ulang Makki dan Riza, dibantu Mega Dirgantara yang menjadi personil anyar SEL.

Kendati melabeli dirinya sebagai eksponen musik mesin dari generasi lama, namun di sisi lain mereka tetap mengamati pergerakan skena industrial dari band-band terbaru. Kabarnya, mereka juga berencana mengajak sejumlah orang berkolaborasi dalam musik SEL terbaru pada tahun depan. Kita tunggu kehadiran album barunya, ya!

TemanBaik, saat ini kamu sudah tidak perlu repot mencari kaset demo untuk lagu-lagu SEL seperti di mini album 'Relikui', karena kamu sudah bisa mengaksesnya di berbagai layanan pemutar musik digital. Selamat mengapresiasi!


Foto: Dokumentasi Anoa Records


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler