Cerita di Balik Masjid di Tol Purbaleunyi yang Dipuji Dunia

TemanBaik yang melintas di Tol Purbaleunyi pasti akan melihat sebuah masjid unik di rest area KM 88 bernama Masjid Al Safar. Masjid yang dirancang oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga seorang artsitek ini ternyata masuk nominasi masjid terbaik dunia loh TemanBaik.

Bersama Urbane Indonesia, Ridwan Kamil mendesain masjid yang punya bentuk berbeda dengan masjid pada umumnya. CEO Urbane Indonesia Reza Achmed Nurtjahja menuturkan cerita di balik pembangunan masjid yang sempat ramai diperbincangkan warganet.

Ia mengatakan membangun masjid punya standar sendiri yang pakemnya harus diikuti. Urbane Indonesia dan Ridwan Kamil sebagai perancang sebenarnya ingin memberikan identitas lain pada setiap bangunan masjid yang dibangun.

"Indonesia itu kan negara tropis, masjid yang beratap dan terdapat kubahnya sudah banyak sekali. Karena itu kita buat dengan ciri khas yang berbeda. Jadi sebenarnya kita bukannya anti kubah tapi kita hanya coba menawarkan ciri khas lain," ujar Reza pada Beritabaik.

Ia juga mengungkapkan dalam setiap melakukan pembangunan masjid, tim dari Urbane Indonesia selalu memperhatikan pakem yang sudah ditentukan. "Masjid itu harus nyaman, arah kiblatnya harus pasti, tidak menyusahkan jemaah, ada aksesibilitas untuk difabel. Harus ada universal design," tambahnya.

Karena keunikan bentuk desainnya, Masjid Al Safar pun mendapat apresiasi dari dunia internasional loh, TemanBaik. Masjid ini berhasil masuk dalam nominasi Abdullatif Al Fozan Award 2019, sebuah ajang penghargaan yang menghadirkan desain dan karya masjid di negara-negara dengan penduduk muslim dari seluruh dunia.

Selain itu ada tiga masjid karya Emil bersama Urbane Indonesia yang masuk dalam nominasi tersebut yaitu Masjid Al Irsyad di Kota Baru Parahyangan, Masjid Al Safar di Rest Area KM88 Tol Purbaleunyi dan Masjid Raya Sumatera barat di Padang.

"Kita masuk nominasi saja sudah bersyukur, karena ternyata ada yang melihat konsep yang kita buat, khususnya dari dunia internasional," ungkap Reza.

Selain tiga masjid dari Urbane Indonesia, ada dua masjid lainnya yang masuk juga ke nominasi tersebut yaitu Masjid 99 Cahaya di Lampung yang didesain oleh Andra Matin dan Masjid Agung Semarang.


Foto Aryo Mashudi dari instagram @urbane.indonesia


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler