Bangga! Anak Indonesia Juara Lomba Gambar Mobil di Jepang

Bandung - Seorang anak berusia tujuh tahun, Xylone Margareth Andariska bikin bangga Indonesia nih. Cewek yang akrab disapa Xylone ini berhasil mendapatkan medali emas pada lomba Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) yang berlangsung di Tokyo, Jepang (29/8/2018).

Gadis cilik yang berasal dari Bendul Merisi Surabaya ini memenangkan kompetisi menggambar mobil impian masa depan Toyota tingkat internasional. Kompetisi ini diikuti oleh hampir 650 ribu peserta yang berasal dari 72 negara. Xylone berhasil meraih penghargaan tertinggi untuk kategori Engineering Award dari tim engineer. Keren ya! Penghargaan tertinggi ini diberikan langsung Vice President Toyota Motor Corporation Jepang, Didier Leroy.

Dalam kompetisi tersebut, Xylone membuat gambar dengan tema Mobil Alfabet. Ide ini didapat dari keinginannya untuk membantu sang adik yang kesulitan belajar membaca. Mobil rancangannya memiliki desain berbentuk huruf-huruf alfabet, seperti huruf A, B,C dan lainnya. Xylone berharap mobil masa depan rancangannya tersebut dapat berkeliling untuk mengajarkan anak-anak membaca.

Pada ajang Local Contest, Toyota Indonesia memilih sembilan pemenang untuk tiga kategori usia, yaitu tiga pemenang usia di bawah 8 tahun, tiga pemenang di usia 8-11 tahun, dan tiga pemenang di usia 12-15 tahun.

Baca Ini Juga Yuk: Mahasiswa ITB Jadi Juara 1 Bikin Alat Bantu Mengemudi Tunarungu

Xylone merupakan pemenang pertama di kategori usia di bawah 8 tahun dan juga terpilih sebagai Finalist Global Award TDCAC menyisihkan 10.805 peserta lainnya. Xylone berhak mewakili Indonesia di ajang World Contest TDCAC di Jepang. Kontes yang telah berlangsung sejak tahun 2004 ini merupakan kontes yang ditujukan bagi anak-anak berusia di bawah 15 tahun seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sebagai pihak penyelenggara, Toyota berharap kompetisi ini dapat menjadi wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan bakat serta minatnya. Selain itu juga dapat mendorong kreativitas lewat proses menggambar mobil impian.

Sebelumnya, Fatahillah Faisal Rizqiawan (14 tahun) asal Semarang, Jawa Tengah, berhasil memenangkan 'Engineering Award'yang merupakan penghargaan tertinggi pada lomba ini. Fatahillah juga berhasil mendapatkan satu gelar lainnya yaitu 'Encouragement Award' untuk Kategori 3 (usia 12-5 tahun).

Selain Fatahillah, seorang putri asal Pontianak, Kalimantan Barat, bernama Angeline Keisya Andani (7 tahun), juga berhasil memenangkan Silver Award pada Kategori 1 (usia di bawah 8 tahun).


Foto: Toyota.astra.co.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler