Belajar Guzheng, Alat Musik Asli Cina di Rumah Kecapi Surabaya

Surabaya - Perayaan tahun baru Imlek rasanya tak akan lengkap tanpa pertunjukan budaya asli Cina. Selain Barongsai, satu pertunjukan budaya yang kerap dinanti-nanti adalah Guzheng. Meskipun alat musik tradisional yang seringkali menjadi instrumen utama dalam perayaan hari-hari besar ini belum cukup familiar, akan tetapi perkembangannya cukup diapresiasi.

Buktinya, mulai bermunculan akademi atau lembaga les khusus untuk belajar guzheng di Indonesia. Salah satunya adalah Rumah Kecapi Surabaya yang didirikan sejak tahun 2014 lalu oleh Olivia Meliana.

Ketertarikannya pada Guzheng rupanya sudah dimulai sejak usianya masih 8 tahun. Dan kebetulan, keluarganya juga mampu menguasai Guzheng. Olivia pun tak berdiam diri, ia memilih mengeksplorasi bakatnya hingga ke negara asal alat musik ini. "Saya sempat belajar Guzheng langsung di Cina selama 2 tahun," ujar perempuan yang akrab disapa Olivia Lin ini.

Melihat Guzheng yang kurang diminati anak-anak muda, khususnya di Surabaya, Olivia pun mendirikan Rumah Kecapi sebagai tempat untuk belajar alat musik yang umumnya terdapat dalam instrumen Cina seperti Guzheng, Erhu, Piano, serta Biola.

Memiliki visi untuk membuat tempat belajar yang tidak hanya terbaik, tetapi juga menyenangkan, Rumah Kecapi Surabaya pun menggunakan metode belajar dari Cina dan mengelompokkan pelajarnya sesuai minat dan kemampuan.

Usaha Olivia dalam memperkenalkan Guzheng pun tak hanya di bidang pendidikan saja. Melalui platform YouTube-nya, Olivia kerap meng-cover lagu-lagu modern dengan Guzheng dan menuai reaksi positif dari kalangan anak muda.

"Dengan membuat cover lagu-lagu populer seperti lagu One Direction, Maroon 5, Meghan Trainor, Isyana Sarasvati atau bahkan Via Vallen, anak-anak muda pun ikut suka dan akhirnya tertarik mempelajarinya," ujar Olivia.

Meskipun tak mudah dalam mempelajari Guzheng karena terdiri dari 21 senar, akan tetapi ada kepuasan tersendiri ketika sudah berhasil menguasainya. "Selain tertarik, anak-anak muda termotivasi belajar guzheng karena menganggap instrumen itu unik dan belum banyak yang bisa memainkan. Jadi kebanggaan tersendiri bagi mereka," jelas Olivia lagi.

Keuntungan lain yang didapatkan saat bermain Guzheng adalah adanya kesempatan untuk melakukan perform di depan publik. Apalagi pada momen Imlek seperti sekarang ini, pasti akan ada banyak panggilan untuk perform di berbagai acara.

Belum lagi, selalu ada kompetisi bergengsi bagi para pemain Guzheng. Sehingga, tak hanya kebanggan yang didapatkan, tetapi juga prestasi kalau berhasil menang kompetisi. TemanBaik tertarik belajar juga?


Foto: Instagram @rumahkecapisby


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler