Bicara Tentang Tangguhnya Perempuan Lewat Seni Lukis Surealis

Bandung - TemanBaik merupakan pemerhati seni? Ada pameran seru nih di YELLO Hotel Paskal. Dalam rangka memperingati International Woman's Day yang jatuh setiap tanggal 8 Maret, hotel ini menggelar pameran seni lukis bertajuk 'Amarga'.

Pameran lukis ini merupakan hasil kolaborasi ciamik dari Sandi San San, perupa berusia 29 tahun lulusan Institut Seni Budaya Indonesia,dan Edrike Joosencia, perupa perempuan lulusan Institut Teknologi Bandung. 

"Berkaitan dengan momen Hari Perempuan Internasional, kami kembali bikin pameran seru yang isinya memamerkan karya seni dari perupa cewek dari Bandung. Karya yang dipamerkan pun lekat dengan visual dan filosofi kaum hawa," ujar General Manager Widya Anggraeni di YELLO Paskal Hotel kepada BeritaBaik, Jumat (08/02/2019).

Pameran karya seni realisme Sandi San San dan Edrike ini banyak menggambarkan peran penting dan aktualisasi kaum cewek di berbagai lini kehidupan. Mengusung dua lukisan, Edrike menggambarkan karyanya sebagai ungkapan jati diri perempuan yang lazimnya lekat dengan sosok tangguh di era modern.

"Tentunya Ibu adalah inspirasi setiap orang. Perempuan itu punya jati diri punya intuisi yang kuat. Lewat karya ini saya pengin ngajak perempuan untuk enggak manja, karena cewek juga harus kerja keras," ujar Edrike.


Adapun karya Edrike yang bertajuk Mantra dan Samara memvisualisasikan sosok perempuan dengan sentuhan karya seni surealis ekspresionisme. Guratan lukisan dengan media kertas dan charcoal tersebut mengusung kiprah dan kekuatan perempuan dari beragam latar belakang. 

"Pada momen Hari Perempuan Internasional ini aku pengin bicara soal dignity atau harga diri. Misalnya pada karya Mantra aku sengaja bikin sorot mata perempuan yang bercahaya. Ini membahasakan bahwa cewek itu punya persamaan derajat dengan laki - laki. Lihat dong, Megawati Soekarno Putri aja bisa menduduki kursi presiden, begitu juga dengan cewek-cewek tangguh yang duduk sebagai menteri," ungkapnya.

Ada pula delapan karya yang dipamerkan yang dua di antaranya adalah hasil live painting dari perupa saat opening exhibition. Tidak hanya itu saja, YELLO Hotel Paskal juga mengundang para komunitas seni di Bandung untuk bincang seni dengan tema ’Kejujuran dalam Memaknai Engkau”. 

Buat TemanBaik yang pengin mengapresiasi karya Edrike dan San San, kamu bisa datang ke Artspace lobby transit lantai 1 YELLO Paskal. Pameran ini berlangsung selama sepuluh hari loh, mulai dari 8 Maret hingga 17 Maret 2019. 

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler