Peduli Lingkungan, Brand Fesyen Lokal Bikin Pameran 'Laut Kita'

Brand lokal yang mengambil konsep slow fashion Sejauh Mata Memandang kembali menggelar pameran karya-karyanya dalam 'Laut Kita'. Pameran ini menampilkan berbagai instalasi yang menjadi inspirasi dari koleksi-koleksi terbaru mereka di tahun 2019 ini.

Pada pameran ini pengunjung disuguhkan dengan tumpukan-tumpukan sampah plastik yang sering ditemui dimanapun bahkan juga hingga di laut. Seperti instalasi pertama yang menunjukan kekayaan alam Indonesia, terdapat hiasan yang dibuat dari sedotan plastik. Lalu, pada instalasi disertai infografis beserta rekaman suara yang menceritakan tentang banyaknya jumlah sampah plastik di laut, serta dampak apa yang terjadi pada lingkungan.

Ada juga instalasi berupa botol-botol dan kantung plastik yang disusun secara menggantung, serta ilustrasi beberapa hewan laut yang mati akibat sampah-sampah tersebut.

Sampah-sampah yang berada di pameran ini berasal dari bank sampah import dari Jawa Timur, aksi pembersihan sampah di pantai, dan juga hasil dari gerakan #rampokplastik yang dilakukan oleh tim Sejauh Mata Memandang bersama Dian Sastrowardoyo pada car free day. Pameran ini juga merupakan hasil kerjasama SMM dengan beberapa kolaborator.

Tujuan dari pameran ini yakni untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya fungsi laut dan membuka mata akan kondisi laut Indonesia saat ini. Selain itu, pameran ini juga bertujuan untuk memperkenalkan koleksi terbaru Sejauh Mata Memandang musim Kemarau 2019 yang bertajuk 'Laut Kita'.

Konsep slow fashion yang diangkat Sejauh Mata Memandang merupakan konsep ramah lingkungan dimana pembuatan pakaian mempertimbagkan dapak lingkungan dan memperhatikan kesejahteraan sosial dan ekonomi mereka yang terlibat di dalamnya. Slow fashion juga menciptakan koleksi yang dapat dipakai sepanjang tahun dan tidak tergantung pada tren.

"Dateng ke sini gara-gara liat di instagram. Menurut saya kreatif sih bisa ngumpulin sampah sebanyak ini dan dibikin pameran," ujar Anggi, salah satu pengunjung.

"Tadi niatnya ke sini cuma buat makan aja, terus ternyata ada pameran ini. Pas masuk, ternyata bagus buat foto-foto, infografisnya juga bermanfaat banget bisa nambah pengetahuan," kata Vani, yang datang bersama teman-temannya. Pameran 'Laut Kita' dibuka untuk umum tanpa biaya masuk dan terletak di Plaza Indonesia Utara level 2, dari 22 April hingga 16 Juni 2019.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler