Semarak Atraksi dan Kesenian di Denpasar Festival 2019

Denpasar - Festival tahunan Kota Denpasar, Denpasar Festival (Denfes) ke-12 resmi dibuka, Sabtu (28/12/2019) di Kawasan Catur Muka, Denpasar, Bali. Peresmian pembukaan ditandai dengan pemukulan Drum Jigu oleh Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara.

Sebelumnya disajikan atraksi musik perkusi bertajuk 'Symphony of Happiness' yang melibatkan 100 musisi dan penari dari Gamelan Yuganda, danHANDS Percussion Malaysia. Atraksi dihadirkan melalui simfoni angklung, rebana, suling, kendang belik, baleganjur, dan Drum Jigu Cina yang dimainkan ala taiko Jepang.

Mengusung tema Jentera Kebahagiaan, Denfest tahun ini secara khusus menyuarakan "Happines is Our Responsibility" yang dimaknai sebagai ajakan untuk memajukan Kota Denpasar. Selain itu, gelaran Denfest diharapkan menjadi wahana penguatan Sister City. Hal ini terlihat dengan dilibatkannya delegasi negara sahabat seperti Vietnam, Malaysia, dan Jepang.

Baca Ini Juga Yuk: Unik! Pohon Natal di Bali Terbuat dari Anyaman Rotan Loh

Ketua Panitia Denpasar Festival 2019, A. A. Ngurah Rai Sudarma menyampaikan semenjak transformasi dari Gajah Mada Town Festival di tahun 2009, Denpasar Festival terus meluaskan peran sebagai wahana kreatif. "Umunya bagi perayaan dan pengisahan dimensi heritage (kepusakaan), creativity (daya cipta) dan smartness (kecerdasan) yang berkembang di seluruh pelosok Denpasar," katanya.

Kepala Bagian Ekonomi Pemerintah Kota Denpasar, I Made Saryawan mengatakan Denfes 2019 menghadirkan 100 stand kuliner, stand partisipasi Bank Indonesia sebanyak 6 stand, Wirausaha Muda Denpasar sebanyak 23 stand dan Flora sebanyak 20 stand.

"Ada banyak pengusaha muda yang mulai merintis diberikan kesempatan terlibat di Denfest, dan ini dilakukan setiap tahun," ujarnya. Selain itu, festival yang berlangsung hingga akhir tahun ini juga menyajikan beragam penampilan kesenian mulai dari seni musik hingga kesenian tradisional, yakni Gong Kebyar, Kesenian Klasik dan Pragmentari.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler