Seniman Citra Sasmita Gelar Pameran 'Ode To The Sun' di Singapura

Denpasar - Mengawali tahun 2020, Citra Sasmita menggelar pameran tunggal bertajuk 'Ode To The Sun' (Kidung Pujian Bagi Surya) di Yeo Workshop, Singapura. Pada pameran ini Citra menampilkan sejumlah karya dari seri Timur Merah Project yang ia kerjakan dua tahun terakhir.

Pameran dibuka Jumat (10/12020) dan berlangsung hingga 29 Februari 2020. 'Ode To The Sun' sendiri merupakan proyek ketiga dari seri Timur Merah yang digagas seniman kelahiran 1990 ini. Dua proyek sebelumnya dipamerkan di Biennale Jogja 2019 dan 'Siklus Buana' Pameran Seni Rupa Dewan Kesenian Jakarta, Galeri Cipta 2019.

"Seri Timur Merah Project merupakan proses observasi yang dilakukan oleh Citra untuk menggali kembali relasi historis yang terjadi di Bali dan wilayah geografis lainnya seperti Jawa, hingga kawasan-kawasan pesisir di Asia Tenggara serta India," jelas Kurator Pameran, Alia Swastika lewat rilis yang diterima BeritaBaik.

Baca Ini Juga Yuk: Gubernur Bali Beri Penghargaan Seni Pada 40 Sanggar

Ada satu instalasi serta enam buah lukisan dengan gaya klasik wayang Kamasan yang dipamerkan kali ini. Seni lukis wayang Kamasan merupakan aliran seni lukis awal yang berkembang di Bali pada kisaran abad ke-16 dan masih bertahan hingga saat ini.

"Gaya Kamasan dipilih sebagai upaya untuk mempertanyakan kembali mengenai posisi perempuan yang relatif jarang ditampilkan sebagai figure sentral dalam lukisan-lukisan wayang Kamasan," kata Alia Swastika. Melalui gaya tersebut Citra ingin melihat bagaimana posisi perempuan ketika dinarasikan dalam konteks sejarah.

"Rujukannya pada artefak visual serta teks-teks klasik, seperti babad, kakawin dan hikayat," lanjutnya. Ia menambahkan karya-karya Citra berangkat dari beragam titik penting dalam peradaban manusia dan perempuan berkontribusi dalam terbangunnya sebuah sistem hidup.

"Lewat lukisan-lukisan ini dapat dilihat pula bagaimana perempuan juga mempunyai insting untuk bekerja secara kolektif, menegaskan tentang peran dan pengetahuan yang dibagi dan menghidupi mereka bersama," tutupnya.



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler