'Fun Follows Function Follows Fun', Eksplorasi Karya Lucas & Sons

Bandung - TemanBaik, ada pameran seni keren nih di Bandung. Ya, pameran tunggal karya Lucas and Sons yang merupakan moniker artisan asal Bandung, Lucky Widiantara. Pameran yang bertajuk 'Fun Follows Function Follows Fun' ini dibuka pada Rabu (24/6/2020) bertempat di Orbital Dago, Jl. Rancakendal Luhur No. 7, Bandung.

Pameran ini terdiri dari rangkaian karya objek-objek berbentuk dasar skateboard, papan selancar dan beberapa lukisan yang mencerminkan kemunculan praktik artistik dari wilayah sub-kultur di Bandung khususnya. Kamu bisa melihat papan selancar, papan skateboard, bahkan sampai gitar elektrik yang mengambil konsep bentuk dari papan skateboard.

Lebih lanjut lagi, produk pameran ini mencerminkan beberapa kegiatan komunitas yang akhirnya membentuk sebuah kultur populer di Bandung. Kegiatan komunitas ini kemudian menjadi bentuk gaya hidup dan juga membentuk budaya khas, terutama menjadi bagian identitas budaya kota Bandung yang "kosmoplitan". Setelah itu, kegiatan mereka menciptakan suatu ekostistem yang baru terutama dalam lingkup industri kreatif, seperti kemunculan para kreator yang mempunyai gerai maupun pasar tersendiri.



Dijumpai oleh Beritabaik.id, pameris Lucky Widiantara mengaku senang bisa menghelat pameran tunggalnya di Bandung. Ia menyebut ini adalah pameran tunggal perdana yang digelar di Bandung.

"Tahun 2018 itu sempet pameran tapi di Bali. Jadi ini kali pertama nih pameran di Bandung," ujarnya di Bandung, Rabu (24/6/2020).

Tak hanya mengeluarkan ekspresi saja, pria yang merupakan lulusan Desain Produk ini berharap pameran tunggal perdananya di Bandung bisa menghibur para pengunjung yang datang. Terlebih, pameran ini digelar setelah tiga bulan hampir tak ada kegiatan pameran seni akibat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah Indonesia.

Baca Ini Juga Yuk: Pertunjukan Seni dengan Kenormalan Baru ala Saung Angklung Udjo


Ditanya mengenai garapan produk terbarunya, Lucky mengaku saat ini ia sedang banyak memproduksi gitar dengan bentuk modifikasi yang terinspirasi dari papan skateboard. Dua gitar yang mengambil gaya desain Fender Telecaster dan Fender Stratocaster terlihat nampil pada pameran ini. Merasa senang dengan eksplorasinya membuat gitar yang berbasis model telecaster atau stratocaster, saat ini Lucky sedang mengembangkan gitar dari bahan dasar model gitar bermerek Gibson.

"Kalau kualitas suara, secara personal saya seneng banget sama model stratocaster. Nah, tapi setelah saya ngulik nih, desainnya Gibson itu ternyata keren banget. Saya terpikir untuk mengaplikasikannya ke dalam bentuk skateboard," ujarnya.

Selain berbentuk gitar, gubahan papan skateboard Lucky yang dipamerkan bermacam-macam. Ia menjelaskan semuanya bermula dari eksplorasi terhadap bentuk dasar skateboard hingga kemampuannya untuk mencetak papan-papan itu sendiri. Ada yang hanya menerapkan gambar atau grafis di atas papannya, namun ada juga yang menerapkan eksplorasi lain seperti papan skateboard berbentuk botol datar.

Selain itu, ada juga gubahan tiga dimensi seperti papan yang melipat, melingkar, atau papan skateboard yang menjadi bentuk kuas besar, menggabungkannya dengan papan surfing, membenamkan papan skate ke dalam bongkahan semen, atau membentuk patung robot seperti transformer.

Sebagai informasi tambahan, pameran ‘Fun Follows Function Follow Fun’ bakal berlangsung sejak 24 Juni 2020 hingga 24 Juli 2020 mendatang. Kamu bisa melihat berbagai produk desain yang mengambil tema skateboard. Tentu penasaran kan?

TemanBaik, apabila kamu memiliki ketertarikan dengan dunia skateboarding, surfing, hingga musik, tak ada salahnya menghadiri pameran ini. Karena kamu akan dibuat terkesima oleh beberapa produk desain yang penggabungan unsurnya tak pernah terbayang olehmu sebelumnya.

Foto: Rayhadi Shadiq/Beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler