Melukis Wajah Ala Dinda Apriyanti

Bandung - TemanBaik, sebetulnya pasti kamu sudah tidak asing dengan teknik tata rias wajah yang satu ini. Teknik ini masuk kategori berdandan, namun memiliki hasil akhir yang berbeda. Adalah teknik lukis wajah atau yang lebih familiar disebut dengan art makeup.

Beritabaik.id berkesempatan untuk berbincang dengan salah satu penggemar tata rias wajah khususnya art makeup, ia adalah Dinda Priyanti (19). Perempuan asal Jakarta yang akrab disapa Dindun ini sudah lima tahun menguasai soal tata rias wajah.

Perjalanan Dindun mempelajari soal tata rias wajah dimulai saat ia masih duduk di bangku kelas dua SMP. Saat itu Dindun tertarik untuk mendalami soal tata rias tetapi ingin menguasai teknik yang berbeda dari kebanyakan orang.

"Pengen belajar, tapi pengen sesuatu yang beda. Akhirnya belajar art makeup," terang Dindun.

Menurut Dindun, art makeup merupakan salah satu ladang kreativitas yang bisa diraih oleh siapapun. Ketika seseorang sudah memiliki kemampuan dasar menggambar, ia pasti bisa mengimplementasikan art makeup.

"Ya ibarat kanvasnya diganti muka sendiri aja," tambah Dindun.

Dindun juga menjelaskan bahwa sebenarnya art makeup memiliki arti yang luas. Ketika seseorang menggambar bunga kecil saja di wajahnya, menurut Dindun itu sudah bisa dikatakan art makeup.

Baca Ini Juga Yuk: Bersantai Sambil Berkreasi di Kyomi Space Bandung

Namun, Dindun mencoba memberikan beberapa jenis art makeup yang selama ini dipelajarinya. Beberapa diantaranya adalah illusion makeup dan face painting.

Mudahnya, face painting atau menggambar pada wajah adalah ketika seseorang menggambar atau membuat karakter pada wajah. Misalnya mendandani wajah menjadi karakter badut, menggambar kartun Mickey Mouse di pipi, dan semacamnya.

Sedangkan illusion makeup adalah saat seseorang membuat ilusi di wajah atau tubuhnya. Contohnya membuat ada lima pasang mata di wajah, atau bibir yang terlihat sobek.

Selama 5 tahun memperdalam ilmunya di bidang art makeup, Dindun mengaku hal yang paling berkesan untuk dirinya adalah saat mengikuti #ohshitchallenge, yaitu sebuah tantangan untuk membuat video berdurasi 30 detik dengan menampilkan lima gambar yang berbeda pada wajah.

Saat mengikuti tantangan ini, Dindun menghabiskan waktu selama dua hari. Kelima karakter yang dibuatnya dalam video tersebut ia gambar satu persatu secara bergantian.

"Pas ngerjain gak kerasa, pas udah selesai langsung capek banget. Suka ditanya sama orang-orang 'setimpal gak sih?', ya setimpal karena aku bikin itu buat kepuasan diri aja," ujar Dindun.

Walaupun sudah menguasai teknik art makeup selama lima tahun, Dindun mengaku masih terus belajar dan mengembangkan kemampuannya hingga saat ini.

Kedepannya, ia ingin mempelajari art makeup dengan gambar yang lebih detail. Dindun yang mengaku merupakan orang yang tidak sabaran menganggap lukisan detail di wajah bukanlah gayanya.

"Biasanya lukisan di wajahku itu gambarnya besar-besar, atau gambar yang gak perlu detail rapi. Itu sudah jadi gayaku selama ini," ujar Dindun.

Dengan mempelajari teknik art makeup dengan gambar yang lebih mendetail, Dindun merasa ini akan menjadi caranya untuk melatih kesabaran. Hitung-hitung ia masih mempelajari hal baru seputar dunia tata rias wajah tetapi sedikit keluar dari zona nyamannya.

Dengan segala kerumitannya, hasil akhir dari art makeup terlihat sangat keren bukan? Nah, bagaimana TemanBaik, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Foto: dok. Dinda Apriyanti /instagram.com/dindapriyanti

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler