'Angklung Pride' Tetap Digelar di Tengah Pandemi

Bandung - TemanBaik, pandemi COVID-19 tak menyurutkan para pegiat angklung di Saung Angklung Udjo (SAU) untuk menggelar kegiatan Angklung Pride. Kali ini, pelaksanaan Angklung Pridfe memasuki tahun ke-10.

Gelaran Angklung Pride tahun ini mengusung tema 'ti Bihari ka Kiwari' alias tempo dulu sampai sekarang. Ini berarti angklung di masa dulu merupakan wujud kearifan lokal masyarakat Sunda sekaligus warisan nenek moyang bangsa Indonesia.

Di saat yang sama, angklung masa kini menjadi alat musik yang banyak dimainkan para musisi dengan berbagai latar belakang musik dalam kolaborasi seperti orchestra. Intinya, angklung tetap hidup dan eksis sejak dulu hingga kini.

Baca Ini Juga Yuk: Dee Lestari, Utamakan Kepuasan Diri Saat Menulis

Tema 'ti Bihari ka Kiwari' juga sekaligus jadi tema besar dalam memperingati 10 tahun disahkannya angklung sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO. Lalu, ada apa saja sih di Angklung Pride 10 ini?

Gelaran acaranya berlangsung pada 14-16 November 2020 di Taman Belakang Saung Angklung Udjo. Kegiatan ini rencananya juga bakal dihadiri berbagai pihak, mulai dari pejabat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Bandung, serta berbagai pihak lain, termasuk pengunjung.

Pada 14-15 November 2020, Angklung Pride akan menampilkan musisi independen yang dikolaborasikan dengan angklung secara apik dan harmonis. Ada juga lomba kreativitas angklung yang mengusung alat musik angklung sebagai media yang bisa ditunjukkan dengan berbagai bentuk dengan latar belakang angklung.

Selanjutnya, pada 16 November 2020, akan ada sesi Talkshow Budaya dan Special Performance. Dalam kesempatan ini, alat musik angklung akan berkolaborasi dengan Purwacaraka Orchestra. Mereka akan membawakan beberapa lagu popular yang disiarkan live streaming melalui kanal Youtube.

Nah, jika TemanBaik penasaran, kamu tinggal datang ke lokasi atau menyaksikannya melalui kanal YouTube Saung Angklung Udjo.

Foto: Ilustrasi Djuli Pamungkas/Beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler