ARTJOG Hadir Kembali dengan Mengusung Tema 'Time (to) Wonder'

Yogyakarta - TemanBaik, ada yang tahu kegiatan ARTJOG? Ini merupakan ajang atau ruang promosi karya para seniman kepada publik.

ARTJOG kali ini mengangkat tema 'Time (to) Wonder'. Semula, kegiatan ini dijadwalkan digelar Juli-Agustus tahun lalu. Namun, pelaksanaannya ditunda dan baru terlaksana sekarang akibat pandemi COVID-19.

ARTJOG bakal hadir dari 8 Juli hingga 31 Agustus 2021 di Jogja National Museum, Yogyakarta. Wah, cukup lama kan buat dinikmati?

Tahun ini, ARTJOG juga menghadirkan kembali program-program andalan seperti Special Project, Young Artists Awards, dan Daily Performance. Selain itu, ada program edukasi publik Curatorial Tour dan Meet the Artist.



Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap ArtJog menjadi ruang yang mempertemukan karya seni para seniman dengan publik secara luas. ARTJOG pun mencerminkan besaran potensi ekonomi kreatif yang dimiliki dunia seni rupa Indonesia.

Sehingga, pergelaran menjadi salah satu upaya membangkitkan industri ekonomi kreatif di tengah pandemi COVID-19. Ini jadi bagian untuk kebangkitan bersama, termasuk di kalangan pelaku seni.

"Kami mengapresiasi resiliensi ARTJOG selama lebih dari satu dekade sebagai ruang pertemuan dan pertukaran gagasan dalam kesenian dan kreativitas para seniman terbaik Indonesia. Upaya ini menandakan kebangkitan industri ekonomi kreatif hadir dalam dimensi ruang dan waktu tertentu sebagai perwujudan kesadaran bersama untuk beradaptasi dengan normal yang baru," kata Sandiaga di laman Kemenparekraf.

Baca Ini Juga Yuk: Jejak Perjalanan Ki Manteb, Dalang Ikonik yang Nyentrik

Kemenparekraf sendiri mendukung pelaksanaan ARTJOG yang menumbuhkan gairah bagi seniman seni rupa kontemporer untuk berkarya. Selain itu, ARTJOG sekaligus menjadi media edukasi seni dan budaya kontemporer bagi masyarakat umum serta generasi muda.

"Dengan kehadiran pameran seperti ARTJOG, dapat membuka kesempatan dan akses untuk seniman-seniman Indonesia agar berdaya saing sekaligus mempercepat laju perekonomian bangsa," ujar Sandiaga.

Lebih lanjut, pergelaran ARTJOG akan hadir dengan metode bauran antara luring dan daring. Ruang pamer dan dan karya tetap hadir berwujud fisik dan konkret.

"ARTJOG ini akan menerapkan sistem kunjungan terbatas dan protokol kesehatan yang berlaku. Namun, dalam kurun waktu pemberlakukan kebijakan PPKM Darurat, ARTJOG belum dapat dikunjungi oleh khalayak umum," ujarnya.

Digelar Berbeda
Pelaksanaan ARTJOG sendiri dibuat berbeda dari sebelumnya, yaitu memakai sistem daring dan luring. Sehingga, ada yang bisa menikmati suguhan secara langsung di lokasi dan virtual.

Sehingga, ruang pamer dan karya seni para seniman tetap hadir secara fisik. Namun, di saat yang sama, ini juga bisa disaksikan dari jarak jauh.

"ARTJOG ini akan menerapkan sistem kunjungan terbatas dan protokol kesehatan yang berlaku. Namun, dalam kurun waktu pemberlakukan kebijakan PPKM Darurat, ArtJog belum dapat dikunjungi oleh khalayak umum," ujar Sandiaga.

TemanBaik, penasaran enggak seperti apa keseruan dan keunikan ArtJog ini? Kamu bisa mengintip informasi lengkapnya melaui www.artjog.id dan akun resmi media sosial ARTJOG.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler