Yuk! Intip Karya Foto Keren di 'Bandung Photography Month'

Bandung - TemanBaik, ada acara seru buat para pecinta fotografi di lantai tiga Pasar Cikapundung, Bandung. Di sini digelar 'Bandung Photography Month'.

Dibuka pada 16 Oktober 2021, acara ini bakal berlangsung sebulan dan diisi dengan rangkaian seru. Buat kamu yang belum tahu, Bandung Photography Month pertama kali digelar pada 2013.

Setelah lima tahun berturut-turut, acara ini sempat vakum pada 2018 hingga 2020. Jadi, gelaran tahun ini bisa dibilang merupakan musim keenam Bandung Photography Month.

Ada lebih dari 100 partisipan dalam pameran ini yang terdiri dari pameris tunggal dan pameris grup, serta melibatkan 10 kurator. Seluruh pengisi acara pameran dibagi menjadi 10 grup yang nampil secara berkala di lokasi.

Beritabaik.id punya kesempatan mengunjungi pameran ini di hari kedua, Minggu (17/10/2021) malam. Kami juga ngobrol dengan Wahyu Dian Yudhistira sebagai salah seorang founder Bandung Photography Month.

"BPM (Bandung Photography Month) ini seperti keriyaan teman-teman pecinta fotografi. Nah, istimewanya tahun ini kita kayak comeback gitu setelah tiga tahun tidur panjang," ujar Wahyu.

Baca Ini Juga Yuk: Menarik Makna Perkembangan Manusia Lewat 'Runtuh Mengutuh'

Pada dua pekan pertama hingga 31 Oktober 2021, ada lima grup pameris yang nampil duluan. Kelimanya adalah 'Foto Potret Diri : Resiliensi' yang menampilkan 17 pameris dengan kurator Grace Anata, 'Relation : Membekukan Waktu Menghayati Ruang' yang menampilkan 12 pameris dengan kurator Ali Mecca, Pameran Tunggal 'Jumpa Lagi, Bung!' yang menampilkan Chris Tuarissa dengan kurator Ady Nugraha, Pameran Foto Instasunda dan Showcase dari Pinhole Bandung.

"Nanti awal November sampai puncak acara, lima grup lagi menyusul. Kalau semua dipamerkan, kapasitas tempatnya terbatas. Dan kita juga masih menghindari potensi kerumunan untuk saat ini," jelas Wahyu.

Lebih lanjut lagi, Wahyu menyebut Bandung Photography Month 2021 mengusung tema rumah dengan menonjolkan isu domestik. Pemilihan isu ini tidak lepas dari apa yang dialami masyarakat, khususnya setelah terpaan pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia.

Potret diri, manusia, keluarga, hingga kegiatan sederhana yang rutin dilakukan masyarakat seperti berdagang, jalan kaki, semuanya tumpah ruah dalam pameran. Selain itu, bentuk-bentuk sederhana yang biasa kita rekam dalam memori namun kerap terlupakan seperti jendela, cahaya, atau langit, tidak luput juga hadir dalam bingkai karya para pameris. Bukan hanya kesenduan yang hadir, melainkan makna mendalam yang coba dituangkan dalam bentuk visual.

Saat mengikuti tur pameran, kami dibuat kaget oleh rute pameran yang ditampilkan. Ya, ke-10 pameris mengeksplorasi ruang yang ada di lantai tiga Pasar Cikapundung. Ruang-ruang pamer yang boleh jadi tak terpikirkan banyak orang dijajaki sebagai ruang pamer. Jangan heran kalau kamu melihat karya-karya foto yang dipajang dalam lemari usang, meja berumur puluhan tahun, dinding kumuh, dan berbagai ruang di lantai tiga Pasar Cikapundung.

Baca Ini Juga Yuk: Panggung Visual Mariam Sofriana dalam Pameran 'non/place'

Hal yang bikin menarik secara visual adalah nuansa redup dan sendu dari lorong pasar jika dikunjungi malam hari. Karena dukungan suasana itu pula, kita bisa merasakan bagaimana cerita dari rangkaian foto yang dipamerkan.

"Beberapa karya yang dipamerkan, ada yang hanya bisa dinikmati dari dekat, harus pakai lampu dari ponsel. Itu supaya audiens bisa lebih dekat dengan karya," terang Wahyu.

Bandung Photography Month 2021 disambut gembira pelaku fotografi, khususnya di Kota Bandung. Bagaimana tidak? Tiga tahun acara ini tertidur pulas, ditambah lagi hampir dua tahun kegiatan sosial khususnya fotografi seolah pincang dengan adanya berbagai pembatasan sosial akibat pandemi COVID-19.

Sebagai penutup, Wahyu menyebut acara ini terbuka dan bebas dinikmati siapapun. Ia mengajak TemanBaik buat datang dan berwisata visual di Bandung Photography Month. Selain menikmati pameran, kamu juga bisa mampir ke Red Raws Center dan ngobrol dengan banyak pelaku fotografi di sana.

"Dalam kegiatan kita seperti pameran ini, kita selalu menyelipkan unsur edukasi. Supaya banyak orang juga sadar kalau dunia fotografi enggak hanya sebatas jadi fotografer saja," pungkasnya.

TemanBaik, jangan lewatkan rangkaian seru dalam Bandung Photography Month 2021. Cek terus pembaruan informasinya di Instagram @bandungphotographymonth. Selamat mengapresiasi!


Foto: Rayhadi Shadiq/Beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler