Bocah 15 Tahun Asal Bandung Ini Berjaya di Gothia Cup China

Bandung - Rayhan Azryal Syahputra sempat dipulangkan Timnas Pelajar U-16 karena usianya belum memenuhi syarat. Namun takdir Rayhan akhirnya menetapkan ia berada di tengah tim pelajar sepakbola U-16 ini dan satu-satunya yang mewakili Kota Bandung.

Enggak sia-sia, Rayhan dan tim berhasil menjuarai Gothia Cup China 2018 pada laga final di Stadion Mini Qingdao Middle Experimental School, Sabtu (18/8).

"Saya dan anak lain yang lahir 2003 sempat dipulangkan dari pusat pelatihan (Timnas) karena yang berangkat ke China dipilih yang kelahiran 2002. Tapi enggak lama dikabari Topskor Jakarta untuk gabung. Akhirnya saya menjadi satu-satunya pelajar yang mewakili Kota Bandung," ujar Rayhan saat diwawancarai Senin (20/8).

Rayhan bercerita, sebelum memboyong piala Gothia Cup, ia sempat melewati pemusatan latihan selama 4,5 bulan di Cijantung. Rayhan pun merasa sangat beruntung bisa menjadi bagian dari 30 pelajar yang tergabung di tim U-16 yang seleksinya terbilang sangat ketat.

Baca juga: Bikin Bangga Surabaya, Supriadi Bakal Disekolahkan di Liverpool

Ada sekitar 560 pelajar dari seluruh indonesia yang mengikuti seleksi ini. Dari jumlah tersebut dikerucutkan menjadi 55 orang dan akhirnya Rayhan menjadi bagian dari 30 orang yang terpilih untuk terbang ke Qingdao China.

"Enggak gampang untuk masuk tim U-16, saya harus bolak balik Jakarta 3 kali seminggu. Alhamdulillah saya selalu didukung orangtua dan juga almamater saya SMA Negeri 8 Bandung," katanya.

Rayhan menuturkan, ia pertama kali masuk SSB saat usia 10 tahun di Ziga Yudagraha Zipur Dayeuhkolot selama 2 tahun. Melihat potensinya yang besar sang pelatih kemudian merekomendasikan untuk pindah ke SSB Saint Prima sampai akhirnya ia masuk kompetisi LIGA TOPSKOR yang digelar selama 3,5 bulan. Selama ikut LIGA, Rayhan mendapat 4 kali predikat Man Off The Match.

"Di TSI Tim Pelajar U -16 mencatat beberapa prestasi seperti Runner Up JSSL Singapura 2018, Juara 1 Festival Football Plus 2018. Dan Alhamdulillah saya juga sudah lolos seleksi di Liga 1 PS TIRA U15," pungkasnya.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler