5 Hal yang Enggak Banyak Diketahui dari BJ Habibie

Bandung - Presiden Indonesia ketiga yakni Bacharuddin Jusuf Habibie pada 25 Juni tahun ini berulang-tahun yang ke-83 tahun, seberapa jauh sih TemanBaik mengenal sosok yang dikenal ahli di bidang pesawat terbang ini? Kalau kamu belum banyak mengetahui sisi lain dari Habibie, berikut ini 5 hal tentangnya yang bisa kamu tahu. Yuk simak!

Suka Berkuda dan Berenang
Walaupun usianya tak bisa dibilang muda lagi, tapi Habibie memiliki hobi berkuda loh sejak ia masih kecil dulu sampai saat ini. Walaupun kegiatan ini tidak dilakukannya sesering dulu. Selain berkuda, Habibie juga suka berolahraga, yang biasa dilakukannya adalah berenang. Kegiatan tersebut dilakukan agar ia tetap sehat dan bugar, walau usianya sudah lanjut.

Membiasakan Diri Membaca Alquran
Selain berkuda, membaca Alquran juga menjadi salah satu kebiasaannya yang sudah sering dilakukan sejak Habibie kecil. Ia biasanya membaca Alquran selepas menunaikan salat Isya. Hal ini terjadi lantaran sang ayah yakni Alwi Abdul Jalil Habibie sering membacakannya ayat suci Alquran ketika ia kerap rewel saat masih bayi.

Baca Ini Juga Yuk: 6 Tokoh Nasional Indonesia yang Lahir di Bulan Juni

Hanya Tidur Kurang dari 5 Jam
Pada suatu kesempatan, Habibie pernah mengungkapkan jika ia hanya butuh tidur selama empat jam saja. Berbeda dengan waktu normal yang mengharuskan kita tidur selama 8 jam dalam sehari. Rupanya sejak kecil Habibie tidak terbiasa jika harus tidur dengan waktu yang lama.

Membayar Biaya Pendidikan Sendiri
Walau dikenal sebagai pribadi yang pintar, tapi ketika ia masih menempuh pendidikan Habibie tidak mau menempuh jalur beasiswa. Padahal sebenarnya bisa saja loh, TemanBaik. Saat itu, sang Ibu, Tuti Marini Puspiwardojo lah yang memilih membiayai sendiri uang kuliah Habibie. Dana tersebut bersumber dari usaha katering miliknya dan penyewaan rumah kost yang dimiliki keluarga Habibie. Pada akhirnya, Habibie tetap mampu lulus dengan hasil yang baik.

Rajin Minum Air Putih
Habibie selalu membiasakan diri untuk minum air putih yang banyak setiap harinya. Menurutnya, minum air putih bisa membuat orang memiliki kecerdasan yang tinggi. Dan juga bisa menjaga kemampuan otak dalam berpikir.


Foto: Wikipedia

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler