Masafumi Ishii, Diplomat Jenaka yang Cinta Kuliner Indonesia

Jakarta - Diplomasi jenaka, itu kalimat yang paling tepat untuk menggambarkan sosok Masafumi Ishii. Menjabat sebagai Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Ishii berhasil mencuri perhatian lewat interaksi uniknya di media sosial Instagram.

Enggak sekadar wacana loh TemanBaik. sebagai bukti kecintaannya terhadap kultur dan keberagaman di Indonesia, dubes rendah hati ini getol menghiasi feed Instagram-nya dengan berbagai posting aneka kuliner khas Indonesia.

Kalau kamu jadi salah satu pengikutnya di akun @jpnambindonesia pasti gemas deh saat Ishii memamerkan makan siang khas lokal yang siap disantapnya. Menunya variatif, mulai dari nasi Padang, Mi khas Kalimantan, Soto Pangsit khas Palu, Soto Betawi, Nasi Goreng Merah dan masih banyak lagi.

"Pertama kali saya kenal makanan Indonesia sekitar 20 tahun saat dinas ke Jakarta. Waktu itu saya mencicipi masakan Padang, bahkan saya makan siang di basement gedung Kedutaan besar Jepang di lokasi yang dulu," ujar Ishii saat diwawancarai BeritaBaik di kantornya Kedutaan Besar Jepang, MH Thamrin, Jakarta, Senin (12/8/2019) kemarin.

Lebih lanjut Ishii bercerita, sebagai Dubes ia juga punya passion yang kuat untuk mempromosikan keindahan dan khasanah budaya Indonesia kepada warga Jepang. Pria yang lahir di Hiroshima ini mengakui, saat ini sih masih sedikit resto khas Nusantara yang hadir di negeri Sakura. Apalagi masakan Padang, Ishii masih jarang menemukan yang autentik.

Foto: Instagram @jpnambindonesia

Bagi Ishii Instagram jadi media digital yang tepat buat menyebarluaskan kekayaan kuliner Indonesia pada orang Jepang. Uniknya, aksi kocak berfoto dengan makanan itu jadi viral dan direspon netizen dengan latar belakang yang makin beragam.

"Ide awalnya memang spontan dari saya, karena saya suka makanan Indonesia. Akhirnya saya punya tim sendiri untuk berdiskusi soal ide makanan yang akan diunggah ke media sosial. Enggak nyangka, sekarang followers saya malah didominasi netizen milenial," ungkapnya.

Ishii yang sekarang berusia 61 tahun ini memaparkan, saat ini ia penasaran banget pengin menyantap kuliner dari tanah Papua. Sayangnya nih TemanBaik, Dubes yang tingkahnya kocak ini belum ada kesempatan buat melancong ke ujung paling timur Indonesia tersebut.

Masih menelisik soal kecintaan Ishii pada kultur Indonesia, Dubes yang murah senyum ini mengungkapkan kalau ia juga sudah mengoleksi batik sejak 20 tahun lalu loh. Hingga saat ini, ia sudah mengoleksi 30 kostum batik Nusantara yang rajin diperlihatkannya di Feed IG.

Tapi di antara deretan batik yang ada di lemarinya, Ishii mengaku cinta banget sama batik asli Yogyakarta yang diproses dengan bahan alami dan ramah lingkungan.

"Spesial untuk menyambut BeritaBaik.id, hari ini saya menggunakan batik Yogyakarta yang warna birunya diambil dari bahan indigo. Semua prosesnya alami dan ramah lingkungan," pungkasnya.

TemanBaik mau tahu kebiasaan lain Ishii di waktu senggang? Ternyata simpel, kalau weekend biasanya sih dia menikmati masakan Jepang yang dimasak sang istri di rumah.

Nah, giliran di hari kerja, justru jadi waktu yang tepat buat menjajal menu Nusantara. Dibantu stafnya di kantor, Ishii pun kerap membuat konten video dan foto kocaknya sebelum melahap makanan. 

"Konsepnya sih kadang - kadang dirundingkan bersama staf saya. Tapi pada dasarnya saya pengin jadi pribadi yang easy going, fleksibel, jujur dan tulus saat menyampaikan apapun pada banyak orang. Termasuk saat saya mengenalkan budaya dan kuliner Indonesia pada netizen," pungkasnya.

Foto: Instagram @jpnambindonesia

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler