Cara Riza Zacharias Kejar Berkah Sambil Jalankan Usaha Percetakan

Bandung - Bagi pengusaha, mencari untung jelas sebuah tujuan. Tapi, bagi Riza Zacharias, keuntungan itu harus diiringi dengan keberkahan. Apa ya yang dilakukannya?

Riza adalah pemilik Syaamil Group yang usaha utamanya bergerak di bidang percetakan Alquran dan buku. Ia sudah memiliki karyawan sekitar 450 orang yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Tapi, yang terbanyak jelas ada di Bandung yang merupakan tempat percetakan dan kantor pusat.

Di perusahaannya, ia mewajibkan para karyawan untuk bisa membaca Alquran. Tapi, bukan berarti yang tidak bisa membaca Alquran otomatis ditolak bekerja.

"Tidak semua karyawan yang baru masuk bisa baca Alquran. Salah satu solusinya, kita cek kemampuan baca Alqurannya. Kalau belum bisa baca Alquran, kita masukkan dulu ke program untuk bisa membaca Alquran," kata Riza.

Cara itu membuat seluruh karyawan akhirnya bisa membaca Alquran. Sebaliknya, jika karyawan sudah bisa membaca Alquran, mereka akan diikutsertakan dalam program hafiz atau penghapal Alquran.

Baca Ini Juga Yuk: Ada Kampung Wisata Alquran di Bandung, Bisa Tur ke Pabriknya Loh

Kenapa sih mereka harus bisa membaca Alquran? Itu karena di perusahaan Riza diterapkan kebijakan setiap hari harus membaca Alquran. Hal itu bahkan seolah sudah jadi budaya yang dibangun sejak perusahaannya berdiri beberapa tahun lalu. "Ini jadi budaya kerja, setiap hari semua karyawan wajib membaca Alquran (bersama sebelum bekerja)," tutur Riza.

Dalam proses pembuatan Alquran, adab dan adat juga diperhatikan. Semua karyawan harus dalam keadaan suci dan berwudhu lebih dulu. "Karena kami ini penebit dan percetakan Alquran, maka kami mengikhtiarkan dengan sungguh-sungguh bahwa Alquran ini bukan sekedar (jadi), dari mulai bahannya, prosesnya itu juga sesuai dengan arahan dari para ulama tentang Alquran itu, bagaimana kita memiliki adab dan adat terhadap Alquran," jelasnya.

Yang menarik dari perjalanan Riza membangun usahanya, ia juga menebarkan manfaat untuk orang lain. Ada beberapa program perusahaan yang dirancang, salah satunya pemberantasan buta huruf Alquran. Ia menyediakan guru ngaji bagi warga, terutama di sekitar tempat percetakan.

Berbagai cara itu diharapkan memberi keberkahan tersendiri bagi Riza dan perusahaannya. Sebab, di satu sisi ia menjalankan roda bisnis dengan berbagai strategi. Di sisi lain, keberkahan juga dikejar Riza bersama para karyawannnya.


Foto: Oris Riswan Budiana/BeritaBaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler