Mengenang Perjalanan Hidup BJ Habibie Presiden RI ke-3

Bandung - Presiden RI ketiga, Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie menutup usia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/09/2019) pukul 18.05 WIB. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal karena penyakit yang dirasakan beberapa waktu belakangan.

Eyang Habibie, begitu ia biasa disapa merupakan sosok yang cerdas dan inspiratif. Ia menyelesaikan pendidikan di Kota Bandung sebelum melanjutkan pendidikan di Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen, Jerman. Setelah mempelajari bidang Teknik Penerbangan dengan spesialisasi kontruksi pesawat terbang, ia lulus dengan predikat cum laude pada tahun 1965.

Tak hanya itu, BJ Habibie memiliki segudang prestasi terkait bidang kedirgantaraan yang telah diakui dunia. Namun di balik kesuksesannya, perjalanan panjang yang ia lalui tidaklah mudah.

BJ Habibie sempat diremehkan karena cita-citanya membuat pesawat dianggap mustahil. Tapi karena kegigihannya ia mampu melalui berbagai rintangan hidup dan mewujudkan cita-citanya.

Baca Ini Juga Yuk: 5 Hal yang Enggak Banyak Diketahui dari BJ Habibie

Ia berhasil merancang pesawat pertama untuk Indonesia yang diberi nama N-250. Pesawat tersebut perdana terbang di bandara Husein Sastranegara, Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN) Bandung tahun 1995.

Sejumlah pengalaman bekerja di bidang peswat dan teknologi pun pernah ia jalani. Pada tahun 1976 ia menjabat sebagai Direktur Utama PT Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN), Bandung.

Kemudian ia juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Pelayaran Armada Laut (PAL), Surabaya pada tahun 1978. Serta menjadi Profesor Kehormatan/Guru Besar dalam bidang Konstruksi Pesawat Terbang Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung pada tahun 1997.

BJ Habibie juga memiliki riwayat karier di pemerintahan. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi Kabinet Pembangunan V, VI dan VII (1983-1998). Pada tahun 1998, BJ Habibie menjadi Wakil Presiden RI-7 dan di tahun 1998-1999, ia menjadi Presiden RI ke-3.

Selamat jalan Eyang Habibie, sosokmu akan selalu dikenang di hati warga Indonesia.


Foto: akun instagram @thehabibiecenter


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler