Asep Encu dan Usaha Lepaskan Siswanya dari Kecanduan Rokok

Bandung - Asep Encu punya kepedulian khusus terhadap kesehatan siswa. Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bandung ini ingin membebaskan para siswa dari ketergantungan atau kecanduan rokok. Tak sekedar keinginan, langkah nyata juga dilakukan loh TemanBaik. Simak ulasannya yuk!

Siapapun tahu bahwa merokok jelas enggak baik untuk kesehatan. Tapi, perokok tetap saja banyak, termasuk di kalangan siswa. Hal itu memantik rasa keprihatinan Asep. Sebab, ia tak ingin kesehatan siswanya terganggu gara-gara rokok.

"Kita menyadari betul bahwa merokok ini adalah kebiasaan yang tidak baik," ujar Asep.

Ia kemudian mengaggas program untuk membuat anak-anaknya secara perlahan lepas dari kecanduan merokok. Sebagai langkah awal, pada Agustus lalu, pendataan dilakukan. Hasilnya, dari 360 siswa MAN 2 Bandung, sekitar 60 persen di antaranya ternyata diketahui perokok.

Bahkan, untuk memastikan jumlah itu, pendataan kembali dilakukan. Bekerjasama dengan puskesmas setempat, para siswa dicek satu per satu menggunakan alat khusus untuk mengetahui mereka perokok atau bukan, termasuk pernah merokok atau tidak.

Ada banyak faktor yang membuat para siswa menjadi perokok. Yang paling banyak adalah pengaruh lingkungan. Mereka merasa enggak keren jika tidak merokok di lingkungan perokok. Ada juga yang coba-coba dan berujung kecanduan. Selain itu, ada beragam alasan lain yang membuat mereka akhirnya jadi perokok.

Singkat cerita, 60 persen siswa laki-laki itu kemudian diberikan penanganan khusus. Mereka menjalani beberapa rangkaian hingga kini. Mereka diberikan edukasi soal bahaya rokok dan segala hal negatif lainnya.

Yang paling menarik adalah dilakukannya hipnoterapi. Dengan cara itu, upaya membuat siswa berhenti dari kecanduannya diharapkan lebih maksimal. "Kita kerjasama dengan UIN (Sunan Gunung Djati) dan melakukan hipnoterapi agar mereka bisa bebas dari rokok," tutur Asep.

Tapi, usaha yang dilakukan Asep belum berhasil 100 persen. Meski begitu, secara perlahan siswa ada yang mulai mengurangi rokok dalam kesehariannya. Secara bertahap, berbagai langkah yang dilakukan pun bisa membuat siswa MAN 2 Bandung 100 persen terbebas dari rokok.

Bahkan, Asep ingin agar para siswa tak hanya lepas dari rokok. Mereka diharapkan jadi duta antirokok di lingkungan masing-masing. Sehingga, secara perlahan jumlah perokok di lingkungan sekitar para siswa bisa berkurang.

Bagaimana nih TemanBaik, keren enggak yang dilakukan Asep? Bukan hanya sekadar melarang-larang siswa merokok, Asep justru memberi solusi dan mengambil langkah agar siswa terlepas dari kecanduan rokok.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler