Perjalanan Mencintai Diri Sendiri ala Meira Anastasia

Jakarta - Tidak mudah bagi Meira Anastasia untuk merawat dan mencintai diri sendiri. Pernah mendapat komentar pedas dari netizen melalui akun Instagramnya salah satu hal yang menjadi pemicu Meira ingin lebih mengenal diri dan memaksimalkan dirinya hingga seperti sekarang.

Istri dari Ernest Prakasa ini menceritakan kepada BeritaBaik soal perjalananya dalam mencintai diri sendiri.

"Ketika pasangan aku sudah punya jalan yang lebih berkembang, aku merasa ada ketertinggalan di belakang. Terus aku harus ngapain ya, butuh mengapresiasi diri sendiri. Butuh sebuah achievement biar bisa bilang ke diri sendiri kalau 'aku bangga gitu sama kamu'," jelas Meira kepada BeritaBaik saat ditemui usai acara Self Love Talk di Loophaus, Jakarta Selatan, Sabtu (30/11/2019).

Perempuan kelahiran 29 April 1983 ini juga mengungkapkan, untuk berubah dan memaksimalkan diri serta mencintai diri sendiri harus dilakukan dengan dimulai. Jangan berdiam diri dan khawatir takut gagal.

"Itu (perubahan) sih enggak akan pernah terjadi kalau kita tidak melakukan sesuatu. Mulainya kayak gimana, mulai ya mulai. Lakukan saja jangan takut gagal, jangan takut salah, jangan takut kalau gue kayak gini nanti gimana, jangan banyak overthinking," terang Meira.

Penulis buku 'Imperfect' ini enggak mengyangka loh TemanBaik kalau tulisan yang Ia bagikan di akun Instagram miliknya ternyata memiliki dampak bagi orang-orang yang membutuhkan dukungan.

Baca Ini Juga Yuk: 4 Tips Merawat Diri untuk Kesehatan Mental dari Psikolog

"Aku mulai menulis di caption Instagram soal #SharingMamakMeira, hal sesimpel itu yang kalau kita lihat ya itu kan caption Instagram, tapi itu ternyata bisa impact-nya besar gitu untuk orang yang memang sedang membutuhkan dukungan. Jadi jangan meremehkan hal-hal kecil atau jangan meremehkan satu usaha kecil yang akan kamu lakukan," ucapnya.

Bagi Meira, melakukan hal-hal yang disukai dengan konsisten juga ternyata dapat memberikan manfaat bagi orang lain. "Ketika kamu lakukan dengan konsisten dan juga kamu benar-benar suka melakukannya itu mungkin akan jadi sesuatu untuk orang lain yang nantinya akan jadi feedback ke diri kamu sendiri. Kamu akan merasa lebih berguna, merasa kalau kamu memang bernilai. Itu yang penting banget menurut aku," tambahnya.

Meski terlihat sederhana, hal tersebut bukannya tanpa tantangan loh. Meira juga kerap mempertanyakan hal yang ia lakukan pada dirinya sendiri. "Tantangannya sih lebih banyak ke diri sendiri ya, lebih sering ke mempertanyakan ini benar enggak ya gitu. Kalau gue melakukan ini orang akan ngomong apa ya," papar Meira.

Meira juga selalu mencoba meyakinkan diri dan melawan hal-hal yang membuatnya berpikir berlebihan. "Gimana kita meyakinkan kalau kita lakukan terus, mungkin akan jadi sesuatu yang baik buat kita. Karena kalau aku tipenya memang sering meragukan diri sendiri gitu, overthinking," ungkap ibu dua orang anak ini.

Meski begitu, Meira meyakini setiap orang memiliki tantangannya masing-masing yang berbeda-beda untuk mencintai dan mengenal dirinya sendiri. "Tiap orang beda-beda, mungkin ada yang lebih percaya diri, jadi nanti tantangannya beda lagi. Tapi kalau buat aku personally tantangannya adalah how to convience to do more," pungkasnya.



Foto: dok. Avitia Nurmatari/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler