Aktor di Balik Viralnya Aksi Mang Uha dan Mang Oho

Bandung - TemanBaik sudah tahu kan viralnya video Mang Uha (42) dan Mang Oho (49) yang masuk ke gorong-gorong di salah satu wilayah di Kota Bandung? Yang jadi pertanyaan, siapa sosok yang membuat video itu menjadi viral? Kita kenalan dengan orangnya yuk!

Namanya adalah Julius Iskandar (35). Profesinya lebih banyak berkecimpung di dunia yang berhubungan dengan manajemen band. Viralnya aksi Mang Uha dan Mang Uho bermula ketika ia menerima video aksi mereka pada Sabtu (28/12/2019). Padahal, aksi mereka sebenarnya terjadi pada Rabu (25/12/2019).

"Saya nerima video itu hari Sabtu. Pas dilihat, luar biasa ini, ada orang yang masuk ke gorong-gorong tanpa alat pengaman, ini gila," kata Julius saat ditemui di Balai Pertemuan RW 03 Kelurahan Cikutra, Kota Bandung, Senin (30/12/2019).

Julius sendiri bukan warga Cikutra. Tapi, ia tinggal di kawasan Pasirlayung yang masih satu kecamatan dengan Cibeunying Kidul. Meski begitu, ia merasa tergerak untuk membuat banyak pihak tahu perjuangan hebat Mang Uha dan Mang Oho.

Ia kemudian mengunggah video itu di media sosial Twitter dan Instagram. Ia pun me-mention Wali Kota Bandung Oded M. Danial agar memberi apresiasi pada mereka berdua.

Ia pun tak menduga. Hanya dalam kurun waktu satu jam setelah diunggah, video itu langsung viral, dibanjiri banyak komentar, serta diunggah ulang oleh banyak orang. Hasilnya, aksi Mang Uha dan Mang Oho benar-benar viral.


Julius sendiri tak menyangka video yang diunggahnya begitu cepat menyebar dan menjadi viral. Sebab, awalnya ia hanya berniat memperlihatkan pada banyak orang bahwa ada sosok pahlawan yang rela berbuat nekat demi membuat rumah warga tak kebanjiran.

Ia pun kaget karena video itu bukan hanya viral di Kota Bandung, tapi berbagai daerah se-Indonesia. Bahkan, video itu juga sampai menyebar ke luar negeri loh, TemanBaik.

"Ini juga viral di luar (negeri). Di Facebook saya aja yang share videonya sudah ribuan orang. Yang komentar juga banyak bule, ada yang dari Amerika, Inggris, Australia, Jepang, Malaysia, dan Singapura," jelasnya.

Tak hanya viral, banyak pihak yang akhirnya bersimpati dan mengapresiasi aksi mereka berdua. Banyak yang mengusulkan agar dilakukan penggalangan dana untuk diberikan pada mereka berdua, terutama Mang Uha.

"Makanya saya juga sekarang lagi ngobrol sama teman-teman mau bikin donasi di Kitabisa.com. Saya juga barusan sudah ngobrol dengan Mang Uha soal ini, katanya silakan saja," tutur Julius.

Sementara hari ini, berkat video viral itu, Mang Uha dan Mang Oho mendapat apresiasi dari Wali Kota Bandung Oded M. Danial. Oded sendiri mengaku mengetaui video itu dari media sosial. Ia memberikan kadeudeuh berupa sembako, uang tunai, hingga sepeda bagi mereka berdua.

Ia pun merasa apa yang diterima mereka berdua sebagai hal yang pantas. Di sisi lain, ia pun senang karena video yang viral adalah aksi kebaikan. Apa yang dilakukan Mang Uha dan Mang Oho jadi bukti ternyata ada warga yang gemar berbuat baik meski membahayakan dirinya sendiri.

Foto: Oris Riswan/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler