Mengenal Salwa Fatihana Rangkuti, Duta Kampus di UNS Surakarta

Surakarta - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta belum lama ini menggelar pemilihan Duta Kampus UNS Surakarta tahun 2019. Pencarian sosok ambassador kampus yang menjadi ikon universitas telah sampai kepada titik temu. Salwa Fatihana Rangkuti, mahasiswa Ilmu Teknologi Pangan 2017 akhirnya terpilih menjadi pemenang Duta Kampus UNS 2019.

Perempuan asal Batam ini mampu mengalahkan puluhan peserta lainnya setelah melalui berbagai proses yakni karantina dan seleksi selama satu bulan lamanya.

Salwa mengungkapkan perjuangan menjadi Duta Kampus tentunya tidak mudah. Ia harus mengalahkan puluhan orang lainnya yang memiliki kapasitas hebat di bidang masing-masing, di bidang public speaking khususnya. Namun, ia percaya, dengan menjadi diri sendiri dan terus belajar melakukan yang terbaik, akhirnya ia bisa meraih hal yang ia inginkan.

"Awalnya saya tidak menyangka akan sampai ke tahap final, bahkan menjadi pemenang. Seluruh peserta hebat dan berpengalaman, khususnya di bidang public speaking. Awalnya saya takut dan minder, yang penting saya menyelesaikan seluruh tahapan seleksi untuk menambah pertemanan dan menambah ilmu dan pengalaman untuk saya. Namun, berbekal berani, menjadi diri sendiri dan melakukan yang terbaik, saya membuktikan bahwa saya bisa melampaui batas diri," ujar Salwa di laman uns.ac.id.

Salwa adalah mahasiswa yang aktif berorganisasi. Ia mengikuti International Association of Agricultural and Relates Science (IAAS) UNS. Ia juga menjadi bagian dari Voca Erudita Choir Club UNS.

Selain aktif berorganisasi, Salwa termasuk mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik. Ia menjadi asisten dosen di beberapa mata kuliah, di antaranya menjadi asisten laboratorium pada mata kuliah Unit Pengoperasian Pengelolaan Makanan, koordinator asisten Statistik Industri, dan koordinator asisten Teknologi Pangan. Tak hanya itu, ia juga pernah menjadi grand finalis dalam lomba berpidato berbahasa inggris tentang Hari Buruh loh.

Lebih lanjut, Intan Novela, Deputi HUMAS UNS menuturkan sosok Salwa merupakan perwujudan dari kombinasi brain, behaviour, dan beauty dalam satu paket. Seorang duta kampus merupakan sosok yang mencerminkan attitude yang baik, pikiran yang cerdas dan inner beauty terpancar di dalamnya.

"UNS membutuhkan brand ambassador yang merepresentasikan UNS baik di level nasional maupun internasional, dan ambassador tersebut ya Duta Kampus UNS," tambah Intan.

Tujuan yang diharapkan dari sosok duta kampus sejalan dengan visi dan misi yang dibawa Salwa ke depan untuk UNS. Ia ingin mengajak mahasiswa UNS, khususnya yang tergabung di Forum Duta Kampus UNS agar lebih berani keluar dari zona nyaman dan memberanikan diri untuk berprestasi dan mengembangkan diri di banyak tempat.

Salwa menambahkan keberanian dibutuhkan oleh seluruh mahasiswa UNS. Ia percaya ketika keberanian itu muncul dan membawa kita dari zona nyaman untuk melihat dunia luar.

"Bermula dari hal itu akan timbul kebanggaan yang selanjutnya akan membuat kita menemukan jati diri. Saat kebanggaan itu ada, hal itulah yang akan mengantarkan kita dengan mimpi kita. Dari hal itu, semua orang dimana pun dan darimana pun akan tahu bahwa mahasiswa UNS tak ada bandingannya,” terangnya.

Foto: Dok. Humas UNS/uns.ac.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler