#AksiBaik Ifan Ohsi Buat Masker Transparan untuk Teman Tuli

Bandung - Musikus Ifan Ohsi melakukan aksi baik dengan membuatkan masker transparan untuk Teman Tuli. Masker jenis transparan ini memudahkan Teman Tuli untuk membaca gerak bibir lawan bicara saat berkomunikasi.

Terinspirasi dari karya yang pernah dirilisnya bertajuk ‘Rasakan Dunia’, Ifan coba lebih merasuki makna di balik karyanya yang secara spesifik memang membahas seputar isu di dunia Teman Tuli. Berkaca pada produktivitas teman-teman musikus selama #DiRumahAja, Ifan kemudian tergerak untuk membuat hal nyata yang beririsan dengan karya yang pernah dirilisnya itu.

“Enggak langsung nemu ide bikin masker transparan. Awalnya saya nyari tau dulu kebutuhan Teman Tuli di lapangan tuh kayak gimana, sambil ngelanjutin kampanye pasca-rilis lagu Rasakan Dunia,” ujar Ifan Ohsi kepada Beritabaik.id.

Proses kampanye pasca rilis itu akhirnya mempertemukan Ifan dengan banyak Teman Tuli dan salah seorang Juru Bahasa Isyarat (JBI) bernama Rizwan. Diskusi bersama Rizwan inilah yang menjadi sumber informasi pertama kebutuhan Teman Tuli akan masker berbentuk transparan.

Selanjutnya, ia berkenalan dengan Eka, JBI asal Wonogiri. Ia sudah memproduksi masker transparan sebelumnya. Melihat situasi tersebut, Ifan langsung menggalang dana lewat platform kitabisa.com.

Masker transparan menjadi produk yang dibuatnya, karena kebutuhan Teman Tuli dalam berkomunikasi. Dengan menggunakan masker transparan, mereka akan mudah membaca gerak bibir saat berkomunikasi dengan lawan bicara sehingga tak perlu melepas maskernya lagi saat sedang berkomunikasi.

Produksi Libatkan Teman Tuli

Tak hanya manfaatnya saja, dalam proses produksinya, Ifan juga menggandeng beberapa Teman Tuli yang berprofesi sebagai penjahit. Ada tiga nama yang ia sebut di akun Instagramnya, yaitu Sutantini,  Jannah Sabrina, dan Dadi Al. Ketiganya berasal dari Wonogiri, Tanggerang, dan Cimahi. Hal ini dikarenakan sepinya pesanan jahit para Teman Tuli tersebut selama pandemi virus korona.

Sejauh ini, Ifan dan kawan-kawan Teman Tuli sudah memproduksi 600 masker transparan. Jumlah ini diambil dari 25 persen dana kampanye yang sudah masuk. Lanjutnya, jumlah masker yang diproduksi akan lebih banyak lagi, karena masih ada sisa capaian donasi yang sedang dikejar.

Masker transparan produksi tahap pertama didistribusikan di wilayah Wonogiri, Tanggerang, dan Bandung Raya. Selanjutnya, ia menyasar kota Makassar dan wilayah DKI Jakarta sebagai area distribusi masker transparan untuk Teman Tuli.

Area distribusi juga disesuaikan dengan tempat produksi. Misalnya, distribusi ke Wonogiri adalah hasil produksi dari kota Wonogiri. Menurut Ifan, ia menghindari ongkos kirim yang melebihi biaya produksi. “Jadi, hasil produksi tuh bisa langsung dibagiin ke sasaran yang dituju,” jelas Ifan.

Nilai Positif

Setelah aksi baiknya berjalan, Ifan mengaku kebanjiran support dari beberapa pengguna di media sosial yang berdonasi lewat platform yang sudah disediakannya. Selain itu, ia merasa senang karena kebutuhan Teman Tuli mendapat perhatian penuh lewat penyediaan masker transparan ini.

Ia juga mengajak TemanBaik untuk berpartisipasi menebarkan kebaikan dengan menyalurkan donasi via tautan kitabisa.com/rasakandunia. Selain itu, ia mengajak Teman Tuli dan siapapun yang bisa memproduksi masker transparan untuk bergabung sebagai penjahit untuk produksi selanjutnya.

Sebagai pamungkas, Ifan berharap aksi ini menjadi pemicu kebaikan di masa pandemi ini. Selain itu, ia juga berharap produk masker transparannya bisa memudahkan Teman Tuli dalam berkomunikasi sehingga tak perlu melepas masker saat ngobrol dengan lawan bicara.

“Semoga Teman Tuli di manapun mereka jadi terinspirasi bikin masker transparan ini. Dengan upaya tersebut, indahnya dunia tuh bisa kita rasakan walau di tengah situasi seperti ini,” tutup Ifan.

TemanBaik, yuk kita tebar kebaikan dan jalankan aksi baik di tempat yang paling terjangkau oleh kita. Sedikit kebaikan akan sangat besar manfaatnya bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. Tetap semangat dan jaga selalu kesehatan, ya!


Foto: Instagram.com/ifanohsi

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler