Menuangkan Perasaan Lewat Tulisan Ala Raden Prisya

Bandung - TemanBaik, apakah kamu pernah mendengar soal journaling atau menulis jurnal? Jika kamu tahu atau bahkan sudah melakukannya untuk menuliskan perasaan bahkan mimpimu, selamat, karena ternyata menulis jurnal bisa menjadi salah satu cara untuk kita menuangkan perasaan dan mengenal diri sendiri.

Seperti yang dilakukan oleh Raden Prisya. Seorang mindfulness, well-being, dan journaling coach yang akrab disapa Prisya ini aktif menulis jurnal sejak ia duduk di bangku SMP. Hal ini berawal dari hobinya membaca dan menuangkan cerita dalam bentuk tulisan. 

Kepada Beritabaik.id Prisya mengaku sejak ia kecil sang ibu sudah sering mencatat setiap hal dalam satu buku agenda, walaupun memang tidak serta merta digunakan untuk menuangkan perasaan. Hal ini juga yang membawa Prisya menyukai kegiatan menulis hingga mendalami soal journaling sejak satu tahun terakhir. 

"Tapi semakin aku tumbuh besar, semakin kenal soal kesehatan mental, mindfulness, dan well-being lalu akhirnya melihat banyak manfaat dari journaling. Banyak tujuan yang bisa dicapai dengan menulis jurnal kalau kita melakukannya dengan benar," terang Prisya. 

Semakin beranjak dewasa, Prisya sendiri merasakan banyak manfaat dari kebiasaannya menulis jurnal. Salah satunya adalah ia jadi lebih sadar dengan apa yang ia rasakan, dalam posisi apa dirinya saat ini, dan mimpi yang ingin ia capai. Bahkan tidak hanya aktif menulis dalam jurnal untuk dirinya sendiri, Prisya juga rutin mengunggah tulisannya ke dalam media sosial pribadinya.

Tidak hanya untuk menuliskan tujuan hidup dan rutin menuangkan perasaannya saat menulis jurnal, Prisya mengaku menulis jurnal membuatnya lebih mengenal dirinya sendiri. Bagi Prisya, menulis jurnal sudah menjadi bagian dari keseharian yang tidak ingin ia lepaskan. 


Ternyata kebiasaan dan manfaat yang Prisya dapatkan dari menulis jurnal tidak ingin ia simpan sendirian loh, TemanBaik. Terhitung sejak bulan Juni lalu, Prisya rutin membuat kelas journaling secara virtual. 

"Buat kelas awalnya karena teman-teman online banyak yang tanya lewat DM gimana caranya menulis jurnal. Jadi buat kelas dan masih sampai berjalan hingga sekarang," ujar Prisya. 

Baca Ini Juga Yuk: Berkenalan dengan Yanto, Pengabadi Momen di Pantai Gunung Kidul

Kelas journaling yang Prisya beri nama 'Expressive Journaling' ini nantinya akan berisi bahasan tentang apa itu journaling, bagaimana cara memulainya, jenis jurnal apa yang cocok dan memang kita butuhkan, hingga memberi fasilitas support group untuk 14 hari pertama untuk saling membantu dan mendukung memupuk kebiasaan menulis jurnal.

Menurut Prisya, menulis jurnal adalah saat kita menuliskan segala hal yang ingin kita tulis dengan tujuan yang sudah kita ketahui. Itulah mengapa tidak ada ukuran penting atau tidaknya seseorang menulis jurnal, karena hal tersebut perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. 

Sebagai salah satu orang yang menjadi journaling coach, harapan Prisya tentang kebiasaan menulis jurnal di Indonesia sebenarnya tak banyak. Prisya hanya berharap setiap orang kenal dengan kebiasaan menulis jurnal jika memang ia merasa membutuhkannya. 

Kepada Beritabaik.id Prisya mengakui dirinya mempunyai ikigai sebuah istilah dari bahasa jepang yang berarti nilai atau makna yang diantaranya ialah kehidupan yang berisi orang tua yang bahagia, anak yang terdidik mumpuni, dan generasi yang lebih baik. Tentu Prisya berharap journaling bisa berperan mewujudkan ketiganya. 

"Kalau journaling bisa membantu kita menjadi orang tua atau individu yang tahu tujuan, alhamdullilah tandanya journaling bisa jadi cara baru," ujar Prisya. 

Berawal dari hobinya menulis hingga terbiasa menulis jurnal ternyata bisa menjadi cara Prisya lebih mengenal diri dan menjaga kesehatan mentalnya loh, TemanBaik.

Mengenal diri sendiri adalah hal yang penting. Menulis jurnal seperti yang Prisya lakukan adalah salah satu caranya. Nah, siapa tahu cara untuk mu lebih mengenal diri juga berasal dari hal yang kamu sukai dan ada perasaan senang saat kamu melakukannya. Jadi, sudah menemukan cara untuk mengenal diri dan menuangkan perasaan mu?

Foto: dok. Istimewa/Raden Prisya

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler