5 Cara Bersih-bersih Ponsel ala Metode Marie Kondo, Coba Yuk!

Bandung - TemanBaik pasti sudah tidak asing lagi kan dengan sosok Marie Kondo? Ia merupakan penulis asal Jepang yang dikenal dengan buku 'The Life-Changing Magic of Tidying Up'. Buku ini mengajarkan metode beres-beres yang diambil dari namanya, KonMari.

Selain itu, perempuan berusia 57 tahun ini kini memiliki serial khusus berjudul ‘Tidying Up with marie Kondo’ yang tayang sejak 1 Januari 2019 di Netflix. Tayangan tersebut mengajarkan seseorang atau sebuah keluarga untuk hidup minimalis dan membuang barang yang sudah enggak terpakai lagi di rumah. 

Metode KonMari juga bisa diterapkan pada kehidupan digital saat ini loh. Kamu bisa menerapkan bersih-bersih ala Konmari di ponsel pintarmu loh. Dengan melakukan bersih-bersih, fungsi ponsel kamu juga akan lebih maksimal. Cobain yuk!

Pengelompokan Aplikasi
Setiap ponsel pasti memiliki aplikasi, jika sudah mencapai puluhan, artinya kamu sudah mulai harus mengelompokannya agar terlihat rapi. Saat ini, antarmuka smatrtphone telah menyediakan fitur untuk membuat folder yang dapat memasukkan aplikasi sesuai keinginan. Buatlah folder berdasarkan fungsinya seperti aplikasi media sosial, games, foto dan lainnya. 

Hapus Aplikasi
Aplikasi yang banyak dapat membuat ponsel jadi lambat dan dapat menguras banyak daya baterai. Saatnya memilih dan menyortir aplikasi mana saja yang sering digunakan dan hapus aplikasi yang sekiranya tidak kamu butuhkan. Menghapus aplikasi dapat menambah kapasitas memori internal ponsel, sehingga kamu bisa mengisinya dengan aplikasi yang bermanfaat atau untuk menyimpan foto dan video.


Atur Aplikasi
Setelah melakukan pengelompokkan dan menghapus aplikasi yang tidak penting, langkah selanjutnya adalah mengatur posisi aplikasi di ponsel kamu. Pilihlah aplikasi yang sering digunakan dan letakkan di halaman yang mudah diakses. 
Kamu bisa menempatkan aplikasi chatting seperti Whatsapp dan media sosial Facebook di halaman paling depan alias home page. Dengan begini, kamu juga tidak perlu lagi kesulitan ketika hendak mencari aplikasi tersebut.

Rapikan Galeri
Saat ini, fungsi smartphone tidak hanya untuk menelepon, namun juga untuk memotret dan merekan video. Foto dan video yang tersedia di galeri dapat memakan kapasitas memori internal atau eksternal ponsel. Periksa galeri yuk TemanBaik, hapus foto dan video yang kamu rasa sudah tidak terlalu penting. Kamu juga bisa memindahkan data foto dan video ke computer atau hard disk eksternal. 

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Google Photos untuk menggantikan aplikasi galeri. Google Photo mampu mengelompokkan foto dan video sesuai dengan waktu atau tempat pengambilannya. Sehingga selain galeri tampak rapi, hal ini juga memudahkan kamu untuk mencari data tersebut.

Mengatur Notifikasi
Aturlah aplikasi di ponsel pintar kamu dengan mengaktifkan notifikasi hanya pada aplikasi yang biasa digunakan. Hal ini dilakukan untuk mnegurangi aplikasi yang  berjalan di latar (background) sehingga performa ponsel akan semakin cepat. Selain itu, upaya ini juga bisa berdampak baik pada penghematan daya baterai. Selamat mencoba ya TemanBaik!

Foto: Pixabay

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler