Ini 4 Produk Teknologi Keren Karya Anak Bangsa

Bandung - Kamu sudah tahu belum TemanBaik kalau setiap 10 Agustus diperingati sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional alias Hakteknas? Tanggal ini menjadi tonggak sejarah kebangkitan teknologi nasional, karena untuk pertama kalinya pesawat buatan anak bangsa N-250 Gatot Kaca melakukan penerbangan perdana pada 10 Agustus 1995.

Selain pesawat, Indonesia juga punya berbagai produk teknologi unggulan loh. Di Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ini yuk kita mengenal apa saja nih produk teknologi karya anak bangsa.

Gesits, Motor Listrik
Gesits adalah motor bertenaga listrik yang didesain kekinian, efisien dan lebih ramah lingkungan. Kendaraan roda dua ini juga asli buatan anak bangsa loh. Kolaborasinya melibatkan enam BUMN seperti PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi, PT Pindad, PT Len Industri, PT Wika Industri Energi, PT Pertamina dan PT PLN. Bangga!

"Setelah melalui rangkaian proses riset, tahapan uji coba dan produksi yang konstruktif, dengan bangga kami mempersembahkan GESITS. Ini produk pertama buatan Indonesia yang menggunakan teknologi motor bertenaga listrik. Produk ini memadukan sisi keamanan, performa dengan pengehematan hingga 70 persen dari motor konvensional," ujar CEO PT GESITS Technologies Indo Harun Sjech kepada BeritaBaik.

AIKO, Aplikasi Kayu Super Cepat
AIKO adalah aplikasi berbasis Android untuk mengindentifikasi jenis-jenis kayu. Caranya, telepon genggam akan dipasang lensa khusus dengan kemampuan zoom atau pembesaran mencapai 60 kali. Setelah dipotret menggunakan aplikasi ini, foto akan dikirim ke pusat data dengan jaringan internet.

Cukup menunggu beberapa detik lalu informasi tentang kayu akan muncul. Mulai dari nama kayu secara umum, spesies, suku, status klasifikasi, kelas kekuatan dan tingkat keawetan, hingga kegunaan, semuanya ditampilkan. "Tiap kayu beda harga, sehingga pajaknya akan mempengaruhi. Makanya, biasanya (kayu) dibawa ke Puslitbang KLHK untuk diteliti. Tapi, itu butuh waktu lama. Jadi, untuk identifikasi awal bisa gunakan AIKO," kata peneliti AIKO Pusat Penelitian Informatika LIPI Bambang Sugiarto.

TaniHub, Ecommerce Pertanian
TaniHub adalah ecommerce pertanian Indonesia untuk mengatasi permasalahan rantai pasokan dan distribusi hasil pertanian. TaniHub menghubungkan petani dengan pasar, dan memungkinkan petani menjual produk pertanian dengan harga yang adil dan kuantitas yang berkelanjutan.

Aplikasi ini didirikan oleh Michael Jovan pada akhir tahun 2015 di Garut, sebagai aplikasi on-demand untuk mengirimkan sayuran dari lahan pertanian ke rumah tangga pada bulan Juli 2016. Kemudian TaniHub mulai menjadi perusahaan Business to Business alias B2B yang menyediakan semua jenis komoditas pertanian, seperti buah, sayur, unggas, perikanan dan peternakan.

Garuda Bike
Garuda Bike sebuah bike sharing yang dikombinasikan dengan teknologi Internet of Things (IoT) yang dikembangkan oleh Laboratorium IoT dan Perkembangan Ekonomi Digital Institut Teknologi Bandung. Garuda Bike digunakan pada area tertentu yang sudah terhubungan dengan WiFi dan server yang bisa mengumpulkan data berupa aktivitas yang dilakukan selama kita bersepeda dalam bentuk Big Data.

"Tiga tahap utama yang dilakukan Garuda Bike adalah sensing, understanding, dan acting. Kita gunakan sensor dulu kita analisir datanya, baru nanti bisa dipahami hasil datanya. Hasilnya bisa kita manfaatkan ke mana saja, Misalnya dengan tahu area mana saja yang biasa dilewati pesepeda, kita tahu area yang ramai sehingga cocok untuk berjualan makanan atau minuman," ujar Project Manager Garuda Bike Taufiqurrahman Akman di laman itb.ac.id

Big Data tersebut kemudian dianalisis untuk nantinya menghasilkan beragam prediksi terkait kesehatan, pola kegiatan masyarakat, tingkat polusi udara, hingga prediksi bencana.

Foto: Istimewa

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler