5 Aplikasi Bermanfaat untuk Warga Bandung

Bandung - TemanBaik tentu tahu kan jika Kota Bandung bisa disebut sebagai pusatnya kreativitas dan inovasi. Bukan hanya warganya, pemerintah daerahnya pun memilikinya. Hal ini bisa dilihat dari adanya berbagai aplikasi yang diterapkan berbagai instansi pemerintah di Kota Bandung.

Kabag Humas Setda Kota Bandung Sony Teguh Prasatya mengatakan Pemkot Bandung selalu berupaya memaksimalkan pelayanan kepada publik. Sehingga, hadirnya pemerintah bisa dirasakan manfaatnya oleh warga.

"Salah satunya adalah dengan menciptakan aplikasi-aplikasi berbasis website dan mobile dalam berbagai sektor. Mulai dari administrasi kependudukan hingga layanan gawat darurat," kata Sony dalam rilis yang diterima BeritaBaik.id.

Dari banyaknya aplikasi, ada lima aplikasi yang bisa disebut 'wajib' untuk dimiliki warga Bandung. Aplikasi ini akan mempermudah warga dalam melakukan berbagai hal. Apa saja ya? Simak ulasannya yuk!

1. BEAS
Aplikasi yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Kota Bandung ini adalah singkatan dari Bandung Emergency Application Support. Aplikasi ini adalah untuk mengatasi kegawatdaruratan. BEAS juga terintegrasi dengan call center 119 dan sudah bisa diunduh melalui Play Store.

Jadi, jika kamu membutuhkan penanganan darurat kesehatan, menemukan korban kecelakaan, atau kejadian lainnya, kamu tinggal mengakses aplikasi tersebut. Di dalam aplikasinya sendiri sudah terdapat fitur pelaporan, mulai dari kecelakaan, kebakaran, serangan jantung, sakit keras, dan laporan kegawatdaruratan lainnya.

2. Bandung Panic Button
Aplikasi ini sudah ada sejak 2015. Gunanya adalah untuk meminta pertolongan saat kamu dalam kondisi darurat, baik kecelakaan hingga korban kejahatan. Sepintas, aplikasi ini mirip aplikasi BEAS.

Bedanya, Bandung Panic Button terkoneksi langsung dengan Bandung Command Center dan Tim Prabu Polrestabes Bandung. Jika terjadi sesuatu dan kamu menyentuh tombol SOS di aplikasi, pertolongan akan segera datang.

3. Salaman
Salaman adalah singkatan dari Selesai dalam Genggaman. Aplikasi berbasis website ini diluncurkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung.

Manfaat dari aplikasi ini adalah mempermudah pelayanan permohonan administrasi kependudukan. Aplikasi ini juga tersedia untuk telepon genggam berbasis Android.

Ada empat layanan yang bisa diakses dengan Salaman, yaitu akta kelahiran, akta kematian, pindah-keluar, dan kartu identitas anak. Aplikasi ini memudahkan kamu untuk mengurus administrasi kependudukan tanpa harus ke Kantor Disdukcapil Kota Bandung.

4. BIMMA
Nama aplikasi ini singkatan dari Bandung Integrated Manpower Management Application. Ini adalah aplikasi untuk mencari pekerjaan di Kota Bandung.

Aplikasi berbasis Android dan website ini berisi berbagai lowongan keja. Lowongan kerjanya sendiri selalu diperbaharui, bahkan banyak lowongan untuk mereka yang lulusan SMA. Aplikasi ini juga menghadirkan informasi jika ada bursa tenaga kerja di Kota Bandung.

5. Arimbi
Arimbi adalah singkatan dari Aplikasi Realtime Berbagi Informasi. Aplikasi ini menampilkan data dan informasi dari berbagai bidang. Saat ini, aplikasi Arimbi bahkan sudah menampilkan data harga kebutuhan pokok masyarakat, jumlah ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, hingga jumlah kunjungnan rumah sakit.

Jika kamu membutuhkan data lain yang tidak ada di Arimbi, kamu bisa mengakses laman www.data.bandung.go.id. Untuk permohonan data tertentu, kamu juga bisa mengunjungi laman www.ppid.bandung.go.id. Permohonan kamu akan ditindaklanjuti maksimal 14 hari.

Foto: Ilustrasi Unsplash
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler