Pasar Pintar Mudahkan Warga Bandung Belanja dari Rumah

Bandung - TemanBaik, beragam aplikasi kini membuat aktivitas warga semakin mudah. Kini, banyak hal yang bisa dilakukan tanpa harus pergi ke tempat tujuan.

Khusus di Kota Bandung, per hari ini bahkan ada aplikasi baru yang diberi nama Pasar Pintar. Aplikasi ini bertujuan memudahkan warga untuk berbelanja berbagai barang kebutuhan yang biasa dijual di pasar.

Cukup dengan menggunakan aplikasi, warga bisa memilih barang apa saja yang ingin dibeli. Cara pembayaran pun bisa non tunai maupun tunai dengan menggunakan opsi sistem cash on delivery (COD).

Hadirnya aplikasi ini menjadi pilihan bagi warga di tengah banyaknya aplikasi sejenis. Bedanya, keunggulan yang ditawarkan dari Pasar Pintar, harga barang sesuai dengan harga di pasar.

"Kami tidak menaikkan harga komoditi sama sekali, tidak mengambil margin sepeser pun," kata Direktur Operasiona PT Raharja Sinergi Komunikasi Andri Ichsan di Taman Dewi Sartika, Kota Bandung, Jumat (11/9/2020).

Selain itu, konsumen juga bisa membeli berbagai bahan kebutuhan sekaligus di satu lokasi pasar. Ini berbeda jika konsumen pergi sendiri ke pasar. Konsumen harus berkeliling dari satu lapak ke lapak lainnya.



Baca Ini Juga Yuk: Begini Tips Melindungi Data Pribadi di Era Teknologi Digital

Dengan cara ini, konsumen bisa membeli berbagai barang dari beberapa lapak. Mereka hanya akan dikenakan satu biaya pengiriman saja.

Saat ini, sudah ada 25 pasar di Kota Bandung yang bisa melayani penjualan melalui Pasar Pintar. Sedangkan pasar lain sisanya akan menyusul bergabung ke dalam layanan tersebut.

"Dari 25 pasar itu, ada 75 pedagang yang tergabung di Pasar Sehat," ungkapnya.

Sementara karena Pasar Pintar baru diluncurkan hari ini, sosialisasi akan dilakukan secara bertahap. Harapannya, semakin banyak warga Bandung yang menggunakan aplikasi tersebut.

Pendukung di Tengah AKB
Pasar Pintar sendiri hadir sebagai dukungan di tengah adaptasi kebiasaan baru (AKB). Tujuannya untuk meminimalisir orang berkerumun di pasar. Sebab, social distancing atau pembatasan sosial masih perlu dilakukan di tengah pandemi COVID-19.

"Saya berharap hadirnya aplikasi ini merupakan bagian dari (mengurangi) pergerakan warga Kota Bandung dalam menyikapi pandemi COVID-19 ini. Kita sepakat bahwa sesungguhnya salah satu yang paling penting itu menjaga social distancing," ucap Wali Kota Bandung Oded M. Danial.

Melalui aplikasi ini, aktivitas warga untuk berbelanja diharapkan bisa tetap berjalan. Namun, warga berbelanja dengan cara aman hanya dari rumah.

Di saat yang sama, geliat ekonomi, khususnya di pasar, diharapkan tetap terjaga. Sehingga, para pedagang bisa tetap berjualan dan melayani pembeli meski dengan cara berbeda.

Cara Menggunakan Pasar Pintar
Warga Bandung tertarik menggunakan aplikasi Pasar Pintar. Caranya mudah kok. Langkah pertama, unduh dan instal aplikasi Pasar Sehat melalui Playstore.

Setelah itu, isi data yang diminta saat proses pendaftaran akun. Berikutnya, kamu akan mendapatkan kode untuk aktivasi. Selesai, aplikasi bisa digunakan.

Sedangkan untuk berbelanja, kamu harus masuk lebih dulu ke akun yang sudah terdaftar. Pastikan alamat yang digunakan untuk pengiriman lengkap dan jelas ya. Selanjutnya, pilih pasar terdekat atau lokasi di mana kamu ingin berbelanja.

Berikutnya, pilih produk yang akan dibeli. Setelah selesai, pilih opsi 'pesan' dan opsi pembayaran. Tinggal tunggu deh pesanan kamu diantar ke tempat tujuan.

Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler