Keren! Perpusnas Bakal Bikin Perpustakaan Digital di Bandung

Bandung - TemanBaik, tahun ini Kota Bandung akan punya perpustakaan keren, nih. Namanya Perpustakaan Baca Digital (Pocadi). Mau tahu seperti apa Pocadi ini? Simak ulasannya, yuk!

Pocadi adalah fasilitas yang diberikan Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Di dalamnya ada berbagai fasilitas mulai dari komputer, buku fisik, charging corner, lemari, kursi, hingga area membaca yang nyaman.

Bantuan ini diberikan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusipda) Jawa Barat. Saat ini, tim dari Dispusipda sedang mencari tempat yang kira-kira pas untuk dijadikan area Pocadi. Survei lokasi pun tengah dilakukan secara maraton ke berbagai titik di Bandung yang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Barat.

"Kebetulan dari Perpusnas itu kita dapat bantuan hibah Pocadi. Kami ditugaskan untuk survei tempat. Jadi, tempat mana aja nih yang kira-kira pas untuk menyimpan atau menerima hibah Pocadinya," kata pustakawan muda Dispusipda Jawa Barat Ine Wijaksana kepada Beritabaik.id.



Baca Ini Juga Yuk: 'Cabaca', Wadah Canggih untuk Para Pecinta Buku

Beberapa lokasi yang sudah disurvei di antaranya area kantor PDAM Tirtawening, PT KAI, Rutan Kebonwaru, Taman Budaya Dago, Museum Sri Baduga, dan Gedung Indonesia Menggugat. Lokasi-lokasi lainnya juga akan disurvei secara bertahap.

Kenapa sih harus disurvei dulu? Tujuannya untuk melihat sejauh mana kelayakan area yang jadi calon lokasi Pocadi. Sebab, jangan sampai nantinya Pocadi justru jadi fasilitas yang tak termanfaatkan publik.

Pocadi justru diharapkan ditempatkan di area yang banyak dikunjungi warga. Sehingga, misi meningkatkan geliat literasi diharapkan bisa tercapai. "Jadi, jangan sampai salah tempat. Kalau di tempat sepi dikasih fasilitas ini, kan sayang (jika akhirnya tidak termanfaatkan)," ucap pustakawan madya Kiki Riana.

Oleh karena itu, tim survei harus benar-benar jeli menganalisa titik yang jadi kandidat Pocadi. Mulai dari mengetahui siapa pengunjung, berapa pengunjung, hingga aktivitas di lokasi. Nantinya, berbagai laporan detail ini akan disampaikan pada pimpinan hingga akhirnya ke Perpusnas.

Nantinya, Perpusnas yang akan memutuskan di mana Pocadi ini bakal ditempatkan. Namun, keputusan yang ada tentu berdasarkan hasil kajian dari tim survei. Soal kapan Pocadi ini dihadirkan di Bandung, Kiki mengaku belum mendapat kabar persis. Yang pasti, Pocadi tersebut bakal dihadirkan tahun ini.

Kiki menambahkan, Pocadi ini sebenarnya tak hanya diberikan kepada Dispusipda Jawa Barat. Seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat juga mendapatkannya. Namun, khusus untuk Kota Bandung, akan ada dua Pocadi, satu dihibahkan Perpusnas melalui Dispusipda Jawa Barat, satu lagi melalui Pemerintah Kota Bandung.

Pocadi sendiri sudah ada di berbagai daerah di Indonesia, terutama di tempat publik. Salah satunya ada di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, tepatnya di dalam ruangan tunggu penumpang yang berdekatan dengan Gate 5.

Foto: Pocadi di Bandara Soekarno-Hatta (pusjasa.perpusnas.go.id)

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler